Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 7:14:00 PM

Pembelajaran Lempar Turbo untuk anak SD

No comments:

"PENERAPAN ALAT BANTU MODIFIKASI PELEPAH DAUN PISANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR TURBO PADA SISWA KELAS IV SD"


a. Pengertian Atletik
Atletik adalah cabang olahraga yang memerlukan kekuatan, kelincahan, daya tahan, dan kecepatan. Atletik terdiri atas nomor-nomor lari, jalan, lompat, dan lempar. Atletik adalah cabang olahraga yang paling tua. Atletik sudah dikenal manusia sejak zaman dahulu. Atletik banyak diperlombakan dalam pertandingan olahraga.

Atletik adalah aktivitas jasmani atau latihan jasmani yang berisikan gerak alamiah atau wajar seperti jalan, lari, lompat, dan lempar. Atletik dilakukan di semua negara, karena nilai edukatif yang terdapat di dalamnya juga memegang peranan penting dalam pengembangan kondisi fisik, sehingga dapat menjadi dasar pokok untuk pengembangan atau peningkatan prestasi yang optimal bagi cabang olahraga lain dan bahkan diperhitungkan sebagai ukuran kemajuan suatu negara, khususnya dalarn prestasi olahraga.

Atletik adalah gabungan dari beberapa jenis olahraga yang secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi lari, lempar, dan lompat. Kata ini berasal dari bahasa Yunani "athlon" yang berarti "kontes". Atletik merupakan cabang olahraga yang diperlombakan pada olimpiade pertama pada 776 SM. Induk organisasi untuk olahraga atletik di Indonesia adalah PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia)

b. Pengertian Lempar Turbo
Lempar turbo adalah olahraga atletik lempar lembing bagi anak SD. Lempar turbo adalah dasar dari lempar lembing. Lempar lembing terdiri dari dua kata yaitu lempar dan lembing. Lempar yang berarti usaha untuk membuang jauh-jauh, dan lembing adalah tongkat yang berujung runcing yang dibuang jauh-jauh.

Lempar lembing adalah salah satu nomor yang terdapat dalam cabang olahraga atletik yang menggunakan alat bulat panjang yang berbentuk tombak dengan cara melempar sejauh-jauhnya (PASI, 1988:43). Menurut Jerver (1996:142) Lempar lembing adalah suatu gerakan antara sentuhan tangan dengan menggunakan benda yang berbentuk panjang berusaha untuk melempar sejauh mungkin. Untuk memperoleh jauhnya lemparan diperlukan kekuatan dan kecepatan gerak serta sudut pada saat lembing meninggalkan tangan.

Berdasarkan pendapat di atas, lempar turbo adalah salah satu nomor yang terdapat dalam cabang olahraga atletik yang menggunakan alat bulat agak panjang yang berbentuk menyerupai tombak yang memiliki sayap pada sisinya yang terletak pada ujung belakang dan dilakukan dengan cara melempar sejauh-jauhnya.

c. Pembelajaran lempar turbo
Bagi siswa SD turbo itu berat dan susah untuk melemparnya, sehingga siswa belum mencapai ketuntasan saat melakukan lemapran. Adapun cara pembelajaran tahap awal lempar turbo agar siswa dapat melakukannya dengan baik dan benar  yaitu dengan pembelajaran menggunakan turbo modifikasi siswa, sehingga siswa lebih aktif karena menggunakan media buatan sendiri. Suasana kompetisi muncul, siswa bersaing untuk melakukan lemparan dengan turbo modifikasi sendiri, sehingga siswa menjadi lebih aktif dan hasil belajar siswa meningkat. penerapan modifikasi lempar turbo dengan menggunakan pelepah daun pisang dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan tentang lempar turbo.Berdasarkan dugaan tersebut di atas, “Penerapan modifikasi pelepah daun pisang dapat meningkatkan hasil belajar lempar turbo pada siswa kelas IV SD."

Demikian semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments