Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 12:44:00 PM

Manfaat Donor Darah

No comments:
Sudahkan anda mendonorkan darah? Status kesehatan seseorang pendonor darah akan berubah setiap tiga bulan sekali, dan dengan mendonorkan darah ini kesehatan diri kita, secara tidak langsung anda sedang memeriksakan diri secara tidak sadar. Dimana bila ada terdapat penyakit menempel di tubuh, pasti bisa cepat terdeteksi, sehingga keuntungannya Anda dapat mengambil penanganan yang optimal dan risiko penyakit untuk sembuh secara cepat karena sudah tahu apa penyakit yang terdapat di tubuh kita.
Manfaat Donor Darah
Donor darah jika dilakukan secara rutin memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh manusia. Donor darah merupakan kegiatan mulia yang secara tidak langsung kita telah membantu menyelamatkan hidup seseorang dari ancaman kematian. Kegiatan donor darah sendiri sudah dimulai dijalankan pada tahun 1818 oleh Dr. James Blundell, namun sayangnya pada saat itu masih belum mengenal adanya pengelompokan golongan darah berdasarkan jenisnya sehingga terdapat banyak pasien yang meninggal.
Sebenarnya usaha dalam melakukan transfuse darah pertama kali dicoba pada abad ke-15 dengan pasien pertama Pope Innocent VII, namun usaha ini gagal total karena mereka mencoba mentransfusinya lewat mulut. Setelah itu kegiatan transfusi darah terus dikembangkan dengan diikuti berbagai penelitian dan hasilnya kegiatan transfuse berhasil dilakukan secara sukses dan aman.
Sekarang ini kegiatan donor darah bisa dibilang merupakan kegiatan amal yang bisa kita lakukan kapan saja dan dimana saja terutama jika ada orang yang sangat memerlukan golongan darah yang sama dengan kita. Yang kita butuhkan adalah kondisi kesehatan yang fit dengan minimal berat badan 45 kg, dan usia sekitar 17 tahun hingga 60 tahun. Sebelum kita memberikan donor darah, maka petugas medis akan mengecek terlebih dahulu apakah si pendonor layak untuk mendonorkan darahnya atau tidak. Melakukan kegiatan donor darah juga memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh manusia. Beberapa manfaat donor darah jika dilakukan secara rutin sebagai berikut:
1.      Menjaga kesehatan jantung dari terjadinya penyumbatan pembuluh darah, Perlu di ketahui, zat besi yang terlalu banyak pada tubuh akan memicu terjadi oksidasi kolesterol sehingga berpotensi menyebabkan serangan jantung serta stroke. Jadi dengan melakukan donor darah akan membuat zat besi tetap stabil.
2.      Membantu menurunkan berat tubuh sekitar 7%, sebab pada saat melakukan donor darah maka tubuh melakukan pembakaran kalori sekitar 650 dengan asumsi pendonoran darah sekitar 450ml.
3.     Bentuk kepedulian terhadap sesama karena satu kantong darah dapat menyelamatkan 3 nyawa
4.     Meningkatkan sel darah merah dan membantu sirkulasi darah memperbaharui sel darah baru
5.      Meningkatkan kapasitas paru-paru dan ginjal
6.     Meningkatkan kesehatan psikologis
7.     Menurunkan zat seng dalam darah
8.     Mencegah resiko kesehatan
9.     Mencegah penyakit langka
10.   Mengetahui lebih lanjut tentang tipe darah individu

Semoga artikel berguna bagi anda dan tentu saja bisa membantu sesama adalah hal yang paling diutamakan.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments