Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 6:59:00 PM

Mencegah Cedera dalam Permainan Sepak Bola

No comments:
Olahraga keras seperti sepak bola jelas beresiko terkena cidera. Mengikuti prinsip mencegah lebih baik dari pada mengobati, ada baiknya pemain dan pelatih  berusaha semaksimal mungkin untuk mencegah cidera. Menurut studi, apabila anda mengikuti enam petunjuk dibawah ini anda bisa menurunka risiko cidera sampai 25 persen.

Petunjuk-petunjuk mencegah cidera :
1.     Kondisi fisik harus mendukung
Tanpa kondisi fisik yang prima tubuh akan kewalahan saat latihan, otot-otot yang baik rawan terkena cidera.
    2.     Ikutilah peraturan permainan sepak bola itu sendiri
salah satun sebab berlakunya peraturan-peraturan seperti dilarang melakukan hig kick (kaki kelewat tinggi), sliding tackel dari belakang adalah demi keselamtan pemain. Biasakan pemain untuk bermain keras tapi tidak kasar.
    3.     Gunakan shin guard (Deker)
Biasakan menggunakan Gunakan shin guard (Deker) setiap kali bertanding dan berlatih

4.     Istirahat dengan cukup
terkadang palatih dan pemain terlalu bersemangat dalam berlatih, sehingga melupakan faktor istirahat yang sebenarnya adalah bagian terpenting dalah sebuah program latihan. Istirahat yang cukup mencegah pamakaian otot, sendi, dan tulang secara berlebihan. Istirahat juga membantu tubuh melangsungkan proses regenerasi serta meningkatkan daya konsentrasi pemain
5.     Selalu lakukan pemanasan pemanasan tidak harus dilakukan secara berlebihan. Tapi yang pasti, pemanasan mutlak harus dilakukan sebelum berlatih atau bermain guna mencegah cedera-cedera ringan.
6.     Jangan latihan saat letih yang berlebihan atau tidak merasa sakit Rasa sakit adalah tanda yang diberikan tubuh klepada otak bahwa ada sesuatu yang tidak beres dibagian tubuh yang dirasakn sakit.

Catatan :
Apabila ada rasa sakit dibagian join lutut, angkel, siku ataupun dipergelangan tangan tanggapi dengan serius karena tidak dilindungi oleh otot seningga rawan cidera.
Semoga bermanfaat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments