Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 7:16:00 PM

Penanganan Saat Cidera Pemain Sepak bola

No comments:
Olahraga keras seperti sepak bola jelas beresiko terkena cidera. Tanda-tandanya mengalami cidera seperti,pembengkakan, berkurangnya kelentukan, mati rasa, perasaan berdenyut-denyut apabila tidak ditanggapi akan mengakibatkan cidera yang lebih serius dan berkepanjangan. Sobat, ikutilah langkah-langkah dibawah ini saat terjadi cidera :
  
   1.     Hentikan aktifitas secepatnya
       Saat terkena cidera hentikan aktifitas secepatnya dan letakkan sebungkus  plastik berisikan es batu diatas bagian tubuh yang terkena cidera. Untuk setiap menit keterlambatan memberikan es batu, tubuh memerluka 1 jam lebih untuk mengatasi cedera.
2.     Balut dengan kuat, tepat diatas bagian tubuh yang sakit.
Proses pendinginan berlangsung 15 menit lalu lepaskan balutan es selam 20 menit, ulangi proses ini sesering mungkin. Hal ini berfungsi sebagai pengurang rasa sakit sekaligus mengurangi aliran darah kedaerah yang sakitsehingga pembengkakan bisa dikurangi.
Catatan:
Jangan mengolesi bagian yang sakit dengan balsem, minyak tawon dan sejenisanya karena itu untuk membantu pelemasan otot baiknya digunakan sebelum bertanding bukan sesudah.
3.     Angkat bagian tubuh yang cidera
Bagian tubuh yang diangkat hingga diatas posisi jantung, hal ini akan membantu menguran gi pembengkakan.
4.     Secepatnya cari bantuan dokter
ada pepatah berbunyi “Better safe than sorry” artinya biasakan berhati-hati dari pada menyesal dikemudian hari. Untuk itu segera cari bantuan tenaga ahli apabila telihat tanda-tanda cidera serius.
5.     Istirahat yang cukup
Istirahat setelah terkena cidera penting demi melindungi bagian tubuh yang cidera sehingga tidak bertambah parah, selain itu istirahat juga membantu tubuh mengumpulkan energi yang sangat dibutuhkan demi efektifnya proses pemulihan cidera secara alami.

Semoga bermanfaat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments