Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 11:05:00 AM

Sehat dan nyaman menggunakan komputer

No comments:
Komputer banyak membantu kegiatan kita. Namun, terlalu sering menggunakan komputertidak baik bagi kesehatan. Badan ngilu, kepala pusing, dan mata perih adalah contoh gangguan akibat sering menggunakan komputer.
Saat menggunakan komputer, kita harus perhatikan kondisi ruangan, posisi komputer dan sikap tubuh.

A.   Kondisi Ruangan
Kondisi ruangan komputer harus kita perhatikan.
Komputer akan rusak jika kondisi ruangan tidak baik.
Ruangan komputer harus bersih dan bebas debu
Ruangan komputer tidak boleh bocor dan basah.
Jika ruangan komputer terjaga, maka komputer dapat bekerja dengan baik.
Yang perlu diperhatikan juga adalah

  1. Penerangan yang cukup
    Ruangan komputer harus mendapat penerangan yang cukup, penerangan dapat berupa cahaya lampu dan matahari. Jika ruangan tidak cukup terang, maka cahaya monitor terasa menyilaukan, mata menjadi cepat lelah. Atur kecerahan monitor agar sesuaidengan cahaya ruangan.
  2. Sirkulasi ruangan yang baik
    sirkulasi udara adalah keluar masuknya udara di dalam ruangan. Ketika menggunakan komputer, sirkulasi harus terjaga. Kom puter yang menyala menimbulkanm panas komputer juga menimbulkan bau, panas dan bau ini dapat menyebabkan kepala kita pusing. Oleh karena itu, sirkulasi udara harus di perhatiakan dengan membuka jendela, ventilasi dan tirai ruangan. Udara dalam ruangan pun akan berganti dengan udara di luar, ruangan pun akan tetap segar.
  3. Kebersiihan ruangan
    Kebersihan ruangan harus di jaga, ruangan komputer harus bebas kotoran dan debu. Kotoran dan debu akan menggangu kerja komputer.Oleh karena itu, rajinlah membersihkan ruangan, bersihkan bagian luar komputer dari debu karena komputer yang kotor dan berdebu dapat cepat rusak.

B. Posisi Komputer

  1. Mengatur posisi komputer
    pada sisi komputer harus di atur agar kita nyaman untuk menatapnya. Atur monitor sejajar dengan pandangan mata lurus kedepan, gunakan filter monitor untuk menghindari silau.Jika terlalu lama menatap monitor membuat mata menjadi pedih karena cairan mata berkurang. Agar mata tidak pedih sering-sering berkedip.
  2. Mengatur posisis Keyboard dan mouse
    Posisi keyboard dan mouse yang tidak baik akan menyebabkan nyeri pada lengan, untuk menghindari nyeri posisi keyboard dan mouse harus di aturposisi keyboard dan mouse tidak terlalu tinggi, jika terlalu tinggi lengan akan cepat lelah dan tinggi.
    # Posisi  keyboard dan mouse tidak terlalu rendah, jika terlalu rendah punggung akan sakit.
    # Letak mouse dan keyboard tidak boleh terlalu jauh dari jangkauan tangan , bila terlalu jauh akan menyebabkan ganguan otot punggung.

C.     Sikap Tubuh

  1. Jarak pandang terhadap monitor
    Jarak pandang mata terhadap monitor juga harus di perhatikan, jangan menatap monitor terlalu dekat!Jarak pandang mata dengan monitor berjarak 50 cm.
  2. Posisi duduk terhadap komputer
    Posisi yang baik membuat kita nyaman selain mencegah lelah, bentuk tubuh kita akan terjaga. Posisi duduk yang salah akan menyebabkan bentuk tulang berubah, tubuh kita pun tak sempurna lagi.


D.     Berolahraga dan istirahat Teratur

  1. Istirahat Teratur
    Kita harus sering istirahat. Waktu istirahat dibagi dalam dua kelompok :
    a. Istirahat ketika menggunakan komputer1. Beristirahat 5 menit setelah satu jam menggunakan komputer2. Beristirahat 15 hingga 30 menit setelah empat jam menggunakan komputer.  Untuk kurangi kelelahan mata sesekali lihatlah pemandngan di luar.
    b. Istirahat setelah kita Menggunakan KomputerBeristirahat 7 sampai 8 jam setiap akan lebih baik jika kamu sempat untuk tidur siang.
  2. Olahraga Teratur
    Berolahraga secara teratur 2 kali seminggu dapat menjaga tubuh tetap segar


E. Makan Makanan Bergizi
Kita mudah lelah mengguanakan komputer , mengapa demikian?
Hal itu karena tenaga kita banyak terkuras setelah menggunakan komputer, kita harus mengganti tenaga dengan makan makanan bergizi. Selain memulihkan tenaga, mata dan tubuh kita pun tetap sehat. Makanlah makanan yang mengandung vitamin (wortel, pisang, tomat dan alvokad) agar panca indra kita terhindar dari kerusakan.

Makan makanlah makanan yang berprotein tinggi untuk mengembalikan tenaga kita, dan jangn lupan banyak minum air putih aga tubuh kita tetap segar, bila ada minumlah susu setiap hari untuk memperkuat tulang.

Demikianlah artikel mengenai Sehat dan nyaman menggunakan komputer  Semoga bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung di aak-share.blogspot.com

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments