Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 1:17:00 AM

Cara Mudah dan Cepat Kompres File Gambar Dengan PhotoScape

No comments:
PhotoScape adalah sebuah program ringan yang biasa saya gunakan untuk meng-kompres file gambar sebelum saya meng-upload atau menyisipkan file tersebut kedalam postingan saya.

Kenapa saya lakukan ???
Karena besarnya resolusi pada gambar dapat berpengaruh terhadap proses loading maka apabila semakin besar resolusi suatu gambar maka akan semakin lama proses loading pada situs atau web.

Memang pada umumnya apabila sebuah File gambar jika dikompres maka akan mengurangi piksel di area persegi panjang, dan kualitas gambarpun akan semakin berkurang. apa yang sudah saya lakukan me-ngompres File Gambar Dengan PhotoScape kualitas gambar tidak akan berkurang.
Apabila anda ingin me-ngompres File Gambar Dengan PhotoScape sebelum anda menyisipkan file gambar tersebut, berikut ini langkah-langkahnya :

Kompres File Gambar Dengan PhotoScape

1. Buka program PhotoScape, jika belum memiliki programnya silahkan anda download terlebih dahulu atau anda juga bisa mengambilnya disini. kemudian install pada komputer yang anda gunakan. Jika jendela sudah terbuka selanjutnya klik Editor


2. Klik Drive Space tempat dimana anda menyimpan file gambar,


3. Setelah anda klik Drive Space terdapat pilihan gambar dibawah drive space silahkan anda klik salah satunya.
3. Jika sudah akan terbuka gambar di kolom editor.

4. Selanjutnya untuk merubah / meng-kompres resolusi gambar, klik button Resize/atur ukuran maka akan muncul banyak pilihan besaran resolusi. Klik resolusi yang anda inginkan, kemudian klik Save/simpan

5. Setelah anda meng-klik Save Button, anda akan dihadapkan tiga pilihan penyimpanan. Pilih saja yang ketiga menyimpan dengan nama berkas baru atau klik simpan sebagai/Save As
Sebelum anda klik save as baiknya anda atur kualitas gambar terlebih dahulu terdapat dibawah tombol save as.

6. Silahkan anda pilih drive space mana yang akan anda gunakan untuk menyiimpan, perlu anda perhatikan Sebelum anda klik save pada bagian bawah select image type silahkan pilih format gambar yang anda inginkan yaitu JPEG, PNG, GIF atau BMP.

7. Jika sudah anda memilih format gambar silahkan anda Klik Save


Demikian Cara Mudah Kompres File Gambar Dengan PhotoScape, semoga bermanfat!


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments