Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 1:55:00 PM

Cara Membuat Text Area di Blog

No comments:
Text area adalah area untuk menyimpan text atau tulisan baru pada postingan Blog. Text area dibuat menggunakan HTML, dan biasanya digunakan untuk menampilkan  text atau kode script dalam bentuk dan format text. Dengan text area dapat memudahkan pengunjung untuk mengcopy keseluruhan isi text atau script yang berada di text area.

Saya akan memperkenalkan 2 cara untuk membuat text area, berikut ini cara pembuatannya :

A. Text area standar

Untuk membuat text area standar silahkan anda copy script dibawah ini :

<div align="center">
<textarea cols="25" name="code" rows="3"> Selamat datang di green zone aak dan saya ucapakan terimakasih atas kunjungannya</textarea></div>

Berikut hasil dari script diatas :


Keterangan:
  • "rows"=3 adalah tinggi dari text area, jika anda menginginkan text area yang lebih tinggi anda ganti dengan angka yang lebih besar.
  • Blogcols="25" adalah lebar dari text area, jika anda menginginkan text area yang lebih lebar anda ganti dengan angka yang lebih besar.

B. Text Area dengan menggunakan mode Highlight

Mode Highlight dimaksudkan untuk memudahkan pengunjung untuk mengcopy keseluruhan isi dari text area dangan hanya menelkan tombol Highlight maka keseluruhan isi text area kan secar otomatis akan tercopy. Untuk membuat Text Area dengan menggunakan mode Highlight silahkan anda copy script dibawah ini :

<div><form name="copy"><div align="center"><span><input onclick="javascript:this.form.txt.focus();this.form.txt.select();" value="Highlight All" type="button"> </span></div><p align="center"><textarea style="width: 200px; height: 90px;" name="txt" rows="5" wrap="VIRTUAL" cols="20">Selamat datang di green zone aak dan jangan leawtkkan artikel menarik lainnya di Blog aak dan tak lupa juga saya ucapakan terimakasih atas kunjungannya</textarea></p></form></div>

Berikut Hasil dari script diatas :

Keterangan :
  • <div align="center">  kata center menunjukan bahwa posisi tombol berada di tengah, jika anda ingin posisi tombol berada di tepi sebelah kiri ganti dengan kata left dan berada ditepi sebelah kanan ganti dengan kata right. 
  • <input onclick="javascript:this.form.txt.focus();this.form.txt.selec()"> artinya ketika tombol highlight di klik, maka seluruh text yang ada di dalamnya akan di highligt (di tandai atau di blok), disarankan anda jangan merubah tulisan ini karena jika dirubah tidak akan menimbulkan fungsi dengan baik.
  • Value="Highlight All"  kata Highlight All adalah kata yang akan muncul di dalam tombol, anda dapat merubahnya sesuai dengan keinginan.
  • <p align="center"> menunjukan text area berada di tengah, jika anda ingin text area menunjukan bahwa posisi tombol berada di tengah, jika anda ingin posisi tombol berada di tepi sebelah kiri ganti dengan kata left dan berada ditepi sebelah kanan ganti dengan kata right. 
  • WIDTH: 200px menujukan lebar pada area 
  • height: 90px  menunjukan tinngi dari area
Demikian Cara Membuat Text Area di Blog , semoga bermanfaat!
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments