Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 6:39:00 PM

Cara Mengatur Paragraph Pada Microsoft Word

No comments:
Ketika anda sedang membuat sebuah karangan dalam mengatur paragraf memang sangatlah diperlukan, agar tulisan terlihat berstuktur dan rapih. Microsoft Word telah memfasilitasi pengaturan paragraf yaitu Rata kanan (Align Right), Rata kiri (Align left), Rata tengah (Center) dan Rata penuh (Justify), keempat pengaturan paragrafphini bisa anda gunakan salah satunya sesuai dengan kebutuhan anda.

Dalam mengatur paragraf tedapat beberapa metode, sebagai berikut :

 Menggunakan Formatting toolbar di Microsoft Word

Pertama, klik Start ➨ All Programs ➨ Klik Microsoft Office ➨ Pilih Microsoft Office Word 2007

Jika dokumen telah terbuka, kita gunakan fitur Aligment (Perataan) dengan cara setting pada pengaturan perataan melalui Fomatting Toolbar pada Microsoft Word. Dengan cara, meletakan pointer cursor pada paragraph atau teks yang akan kita atur.

Kemudian klik tab Home pada menu bar ➨ selanjutnya anda pilih sub menu paragraf


tentukan pilihan anda, jenis perataan seperti apa yang anda inginkan. Misalkan, jika anda memilih pertaan kiri, maka piilihlan left dengan cara klik pada kolom paragraph dengan nama left.

Dengan begitu, saat anda akan mengetik, maka kursor akan secara otomati memulai penulisan dari bagian left.

Atau anda juga bisa mengetik terlebih dahulu semua dokument setelah selesai ada baru melakukan pengaturan paragraf dengan cara block tulisan atau paragraf yang ingin diatur kemudian pada submenu Paragraph di Home, silahkan pilih perataan yang anda inginkan dengan demikian secara otomatis tulisan atau paragraph anda telah berubah.


Menggunakan shortcut tombol keyboad

Cara lain yang lebih sederhana adalah dengan menggunakan keyboard shortcut untuk mengatur perataan teks atau paragraf pada Microsoft Word. Caranya sendiri cukup sederhana, terlebih daluhu yakni anda sudah menuliskan dokument tersebut, selanjutnya silahkan blok tulisan yang ingin anda berikan perataan. kemudian pada tulisan yang sudah anda blok membarikan perataan dengan menggunakna kombinasi tombol keyboard Shortcut, dengan cara:

ctrl + L : Teks rata kiri (Align Let)
ctrl + E : Teks rata tengah (Center)
ctrl + R : Teks rata kanan (Align Right)
ctrl + J : Teks rata penuh (Justify)

Demikian Cara mengatur paragraph pada Microsoft Word, semoga bermanfaaat!
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments