Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 6:23:00 PM

11 Aplikasi Al-Quran Terbaik Android

No comments:
Al-Quran ialah Kitabullah yang terakhir yang diturunkan kepada Nabi Muhammad s.a.w. Al-Quran merupakan senjata yang paling mujarab yang melimpah ruah, mata air yang tidak mungkin kering, di dalamnya penuh dengan nur hidayah rahmat dan zikir.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah s.a.w telah bersabda yang berbunyi:
Dari Aisyah r.a telah bersabda Rasulullah s.a.w:

"Sesungguhnya tiap-tiap sesuatu itu mempunyai kemegahan yang mana manusia berbangga dengannya dan menjadi kemegahan kebanggaan umatku ialah Al-Quran yang mulia."

Allah SWT. menjanjikan kepada umatnya yang membaca Al-Quran :
1. Akan diberikan fahala perhuruf yang dimana perhuruf akan dikalikan sepuluh kebajikan.(HR At Tirmidzi dan berkata, "Hadits hasan shahih).
2. Membaca Al-qurna adalah syafaat penolong di hari akhir. (HR Bukhari Muslim)
3. Akan ditempatkan bersama malaikat (HR Muslim)

Dari sedikit penjelasan diatas mari kita berlomba-lomba memperbanyak pahala dan lebih mendekatkan diri dengan sang pencipta dengan membaca, memperlajari, serta mengamalkan isi Al-Quran. Terdapat banyak cara untuk bisa membaca Al-Quran, salah satunya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Salah satu teknhologi yang dapat kita manfaatkan adalah dengan menggunakan Smartphone Android.

Di Google Play Store, terdapat berbagai macam aplikasi Al-Quran dengan fitur yang juga beragam yang bisa diguunakan dismartphone Android. Kali ini, aak akan menyajikan daftar 10 aplikasi Al-Quran terbaik Android.

11. Al'Quran Bahasa Indonesia

Al'Quran Bahasa Indonesia adalah salah satu apliksi AL-Quran terbaik untuk android. Aplikasi ini menawarkan fitur yang menarik, aplikasi ini menawarkan dua versi tulisan yaitu arab dan indonesi.


Aplikasi ini dilengkapi dengan surat pemutar audio, dan terdapat kotak pencarian untuk dapat mudah mencari ayat. Aplikasi ini dapat dengan mudah untuk menavigasi ayat, karena anda cukup menggeser dari kanan kekiri dan juga Anda bisa memilih ayat tertentu dan menandainya untuk dibagikan (share) ataupun dibookmark.


10. Quran Android

Aplikasi Quran Android bisa menjadi pilihan Anda. Aplikasi ini selain gratis, Quran Android juga berlisensi open source, jadi Anda bisa menggunakan kode sumber aplikasi ini untuk mengembangkan aplikasi Anda sendiri, atau berkontribusi dalam pengembangan aplikasi tersebut.


Tampilan Quran Android diambil langsung dari Al-Quran versi cetak, sehingga selain terlihat jelas, dan kemungkinan Anda sudah akrab dengan tata letak dan huruf yang digunakan. Meski bergitu, Anda bisa memilih ayat tertentu dan menandainya untuk dibagikan (share) ataupun dibookmark.


9. iQuran Lite

IQuran adalah salah satu aplikasi Al-Quran terbaik untuk Android. Dari segi tampilan, iQuran hadir dengan tata letak yang rapi dan indah. Menariknya, iQuran juga dilengkapi dengan penunjuk tajwid berwarna yang memudahkan Anda membedakan hukum-hukum tajwid.


Namun untuk iQuran versi lite, hanya terdapat satu terjemahan saja, yaitu terjemahan bahasa Inggris (Shakir). Audio murattalnya pun hanya disediakan semacam saja (Sheikh Husary).


8. MyQuran Indonesia Lite

Aplikasi Al-Quran besutan developer asal Indonesia ini memiliki fitur terjemahan bahasa Indonesia (per ayat). Tampilannya pun tak kalah menarik dari iQuran.


Aplikasi ini juga menawarka fitur tajwid berwarna, dan bermacam audio murattal pun siap diunduh (sayangnya, untuk versi lite hanya tersedia untuk surat Al Fatihah, Al Falaq, Al Ikhlas dan An Naas).
MyQuran dilengkapi dengan alarm untuk mengingatkan Anda waktunya membaca Al-Quran. Selain itu, terdapat pula kumpulan doa yang bersumber dari ayat-ayat Al-Quran.


7. Ayat: Holy Quran

Ayat: Holy Quran ini merupakan proyek yang dikembangkan oleh para developer dari King Saud University. Ayat: Holy Quran juga mengambil Al-Quran versi cetak sebagai tampilan utamanya.


Aplikasi ini dibuat di Arab, namun meski dibuat di Arab terjemahan dan tafsir Quran bahasa Indonesia telah tersedia pada aplikasi Ayat: Holy Quran Android ini. Terdapat tiga pilihan mushaf (Mushaf Al-Madinah, Mushaf Tajwid, dan Mushaf Warsh) yang bisa Anda pilih sesuai keinginan Anda.


6. Complete Quran (Indonesia)

Aplikasi besutan Badr Interactive ini hadir dengan tampilan sederhana, bersih, dan jelas. Complete Quran (Indonesia) terbilang memiliki fitur yang lumayan lengkap, seperti pencarian, bookmark, dan share ayat ke media sosial (minus fitur audio murattal).


Kerennya, Complete Quran memberikan keleluasaan bagi Anda untuk mengubah ukuran huruf Arab dan huruf Latin (masing-masing memiliki pengaturan sendiri). Tersedia juga dua pilihan tema menarik, yaitu hijau dan putih (seperti yang tampak pada screenshot).


5. Quran Terjemah

Ini adalah versi Android dari Quran-Terjemah.org. Tampilan dan fitur Quran Terjemah secara sekilas mirip dengan Complete Quran. Selain ukuran font yang bisa diubah, Anda juga bisa mengubah jenis font di aplikasi Quran Terjemah.


Berbeda dengan Complete Quran, Quran Terjemah telah tersedia fitur audio murattal yang dapat diunduh ayat per ayat. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur repeat di Quran Terjemah Android untuk menghafalkan ayat-ayat Al-Quran.


4. Quran Reader

Pada umumnya, aplikasi Quran Android menampilkan sederet ayat dalam satu laman, bisa satu surat dalam selaman, atau mungkin dua surat pendek dalam satu laman. Quran Reader mempunyai caranya sendiri dalam menyajikan ayat-ayat Al-Quran di layar Android Anda, yaitu satu laman satu ayat.


Quran Reader telah dilengkapi dengan fitur terjemahan berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Fitur audio murattal di Quran Reader dapat diakses dengan streaming, jadi Anda harus online untuk menggunakannya.


3. Beautiful Quran

Beautiful Quran, aplikasi ini menawarkan fitur yang sangat menarik. Aplikasi Quran Andoid Berbicara mengenai terjemahan, selain terjemahan per ayat, ada juga aplikasi Al-Quran Android yang memiliki fitur terjemahan per kata (word by word). Iya, salah satunya adalah Beautiful Quran, yang menyertakan terjemahan tiap kata Al-Quran dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.


Seperti namanya, Beautiful Quran hadir dengan antarmuka yang indah, lengkap dengan pilihan tema menarik yang bisa Anda pilih (White, Black, dan Mushaf). Jenis dan ukuran huruf arab dan terjemahannya pun bisa Anda sesuaikan.

Untuk memudahkan Anda menelusuri isi Al-Quran, Beautiful Quran memiliki opsi untuk mengubah navigasi laman berdasarkan surat, laman, juz, dan hizb. Meski begitu, aplikasi Quran Android ini belum memiliki fitur pencarian maupun audio murattal.


2. iAndroid Quran

Satu lagi aplikasi Al-Quran Android yang bersifat open source, iAndroid Quran. Tak jauh beda dengan aplikasi lainnya, iAndroid Quran juga menawarkan berbagai fitur standar aplikasi Al-Quran untuk Android, seperti terjemahan bahasa Indonesia, Malaysia dll, audio muratall dari berbagai qori, serta opsi untuk menyesuaikan ukuran dan jenis huruf.


Dari segi tampilan, iAndroid Quran hadir dengan paduan warna biru yang menyejukkan mata. Antarmukanya didesain ringkas dan mudah untuk diakses (tersaji dalam tiga ikon di bagian bawah layar), sehingga Anda tak perlu berganti laman untuk mengganti bahasa, tranliterasi, dan ukuran/jenis huruf.


1. Al-Quran al-Hadi

Al-Quran al-Hadi adalah aplikasi Al-Quran Android yang dikembangkan olehPusat Kajian Hadis. Iya, aplikasi ini buatan developer Indonesia. Berbeda dengan aplikasi Al-Quran pada umumnya, Al-Quran al-Hadi dilengkapi dengan indeks tematik dan kajian ayat, yang akan memudahkan Anda untuk memahami Al-Quran.


Seperti yang tampak pada screenshot di atas, Al-Quran al-Hadi juga dilengkapi dengan fitur pencarian berdasarkan tema, terjemahan bahasa Indonesia, danaudio murattal.


Sekedar membaca Al-Quran tanpa memaham arti, juga sudah mendatangkan pahala. Namun kalau kita bandingkan dengan dalil-dalil yang lain, tentu pahalanya akan menjadi lebih berkah, lebih banyak dan lebih besar, manakala kita pun juga mengerti dan paham makna bacaan yang kita baca.

Dari aplikasi-aplikasi Al-Quran diatas, gunakanlah Al-Quran versi cetak sebagai media pembanding,
Semoga rangkuman aplikasi Quran terbaik Android ini bisa Anda referensi untuk memilih aplikasi Al-Quran yang anda inginkan.


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments