Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 11:34:00 PM

Cara Membuka File Gambar Format WebP di Windows7

No comments:
WebP adalah format gambar menggunakan kedua lossy dan kompresi lossless, yang dikembangkan oleh Google. Format ini pertama kali diumumkan pada tahun 2010 sebagai standar terbuka baru untuk lossily dikompresi grafis warna asli di web, menghasilkan file yang lebih kecil dari kualitas gambar yang sebanding dengan format JPEG.

Menurut pengukuran Google, konversi dari PNG untuk WebP hasil pengurangan 45% dalam ukuran file ketika memulai dengan PNG ditemukan di web, dan penurunan 28% dibandingkan dengan PNG yang recompressed dengan pngcrush dan pngout. Google telah mengusulkan menggunakan WebP untuk gambar animasi sebagai alternatif untuk format GIF populer, mengutip keuntungan dari 24-bit warna dengan transparansi.


Google melaporkan penurunan 64% dalam ukuran file untuk gambar dikonversi dari animasi GIF untuk lossy WebP, dan pengurangan 19% bila dikonversi ke lossless WebP.
Namun Browser yang mendukung Format Webp hanya Google chrome, dan untuk Internet Explorer, Opera 11.10 dan Android Ice Cream Sandwich anda dapat menambahkan Add On Google Chrome Frame ketika membuka format gambar WebP.

Perlu anda ketahui Windows sendiri belum bisa membuka format WebP, dan agar Windows dapat membaca file gambar berformat WebP diperlukan sebuah apliksi pendukung dengan menginstall menginstall Codec WebP. Codec WebP adalah sebuah codec untuk Windows dengan built libwebp library, Codec ini mendukung Windows XP Service Pack 3, Windows Vista dan Windows 7.

Untuk membuka format WebP terlebiha dahuli anda perlu mendownload Codec WebP, anda bisa mengistalnya pada link berikut :


Download Codec WebP

Untuk cara pengistalannya anda bisa ikuti langkah-langkha berikut :


1. Setelah berhasil mendownload file installer codec >>  double klik file WebpCodecSetup.exe >> klik Next.


2. Beri tanda ceklis pada accept the trems in the licensie Agreement >> klik Next


3. Selanjutnya anda klik Typical


4. Kemudian klik Install


5. Tunggu sampai proses selesai


6. Terakhir klik Finish


Maka gambar yang sebelumya tidak bisa dibuka atau dibaca oleh Windows, sekarang dapat dibuka dengan menggunakan Windows PhotoViewer. Sebagai percobaan anda bisa mengunduh gambar dengan format WebP terdapat di situs milik Google seperti Google Play Store dan Google Chrome Web Store.

Baca juga :

Cara Menyimpan Gambar Format WebP ke JPG di Chrome

Membuat/Mengubah File Gambar Menjadi Format WebP
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments