Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 12:44:00 AM

Menghilangkan Tanda Silang Merah pada Baterai di Windows 7

No comments:
Tanda Silang Merah pada Baterai menimbulkan rasa ketidak nyamanan, sebenarnya  tanda merah pada Notifikasi baterai adalah tanda peringatan jika baterai pada laptop anda sudahlah tidak normal atau perlu diganti. Setelah apa yang sudah saya alami, icon baterry pada laptop saya muncul tanda silang merah, saya coba untuk mengisi full baterai dan saya gunakan al-hasil battery pada laptop dapat digunakan 1 jam lebih karena jika baterai setah diisi penuh dan digunakan kurang dari 30-45 menit sudah habis bisa dinyatkan baterai tersebut sudah tidak normal dan perlu untuk diganti


Setelah apa yang saya alami ternyata notifikasi tersebut tidak selalu benar, terkadang windows 7 mengalami salah deteksi sehingga muncul Notifikasi baterai. Namun sebaiknya anda perlu memastika baterry tersebut terlebih dahulu apakah masih normal atau memang perlu diganti, jika memang masih normal kita perlu mengatasinya, ada beberapa cara yang saya lakukan untuk mengatasinya atau menghilangkannya :

TRIK SAFE MODE


 Pertama anda charge battery sampai full (99%-100%) kemudian matikan laptop dan  jangan cabut dulu chargernya biarkan tetap mengisi.
 Selanjutnya hidupkan laptop lalu tekan F8 beberapa kali hingga muncul Advanced Boot Options >> Pilih Safe Mode.
Setelah masuk Safe Mode barulah cabut charger laptop.
 dalam posisi ini jangan mengoprasikan laptop, biarkan laptop menyala sampai on off dengan sendirinya (baterrey benar-benar habis).
Setelah laptop keadaan on off, pasang kembali charger laptop dan nyalakan laptop.

Trik ini sering kali berhasil menghilangkan tanda silang merah pada battery, karena dengan cara ini berhasil membuat Windows 7 mengenali kondisi baterai laptop yang sesungguhnya.

INSTALL SERVICE PACK 1 (SP1)


Windows 7 memiliki menu untuk mematikan warning pergantian battery (SP1). Untuk mematikan peringantan battery, klik icon baterai kemudian hilangkan centang “Warn me if my battery may need replacement”. Setelah dmatikan fitur tersebut, maka tanda silang merah pada baterry akan hilang. SP1 bisa anda download di microsoft center [Link]

MENGGANTI DENGAN BATTERYBAR

Apabila cara diatas belum membuahkan berhasil, dengan cara ini dibutuhkan pertimbangan karena mengganti icon notifikasi battery default milik Windows 7 dengan software alternatif seperti BatteryBar Basic (gratis).

Jika anda sudah mempertimbangkannya untuk menggnti, berikut caranya :

1. Pertama anda lakukan  menurunkan level baterai di Windows 7, cara klik icon baterai >> klik More power options


2. klik Change plan settings


3. Kemudian muncul jendela kecil baru klik change advanced power settings


4. Akan muncul kembali jendela kecil baru, Scroll kebawah, lalu expand Battery


*Ubah Critical battery action menjadi Hibernate.
*Ubah Low battery level menjadi 7%
*Ubah Critical battery level menjadi 5%
*Ubah Low battery action menjadi do nothing
*Ubah Reserve baterry level menjadi 4%

Cara tersebut mengubah level baterai di Windows 7 dan ketika battery mencapai level tersebut action battery akan dilakukan.

5. Setelah itu klik kanan icon baterai >> klik Turn system icons on or off


>>  ubah icon power baterai menjadi off


Cara ini untuk mematikan icon baterai default di Windows 7

6. Selanjutnya download BatteryBar Basic [Link] >>  Install >> Klik kanan system tray  >>  Enable BatteryBar


Dengan cara ini anda telah mengubah baterai bar default Windows 7 menjadi baterai bar alternatif yang tidak akan memunculkan tanda silang merah kesalahan notifikasi.
Sekian dari saya, semoga bermanfaat!
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments