Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 12:37:00 PM

Mengenal Teknologi Controlling Battery dan Perlukah Melepas Baterai?

No comments:
Ketika bermain game beberapa orang masih melakukan lepas baterai pada Laptop atau Notebook dan menghidupkannya tanpa menggunakan baterai, dengan beranggapan jika bermain game terlalu lama dan posisi baterai Laptop atau Notebook masih terpasang dan sambil di charger dapat mengakibatkan kekuatan daya baterai pada Laptop atau Notebook akan akan menurun dan mudah habis atau rusak.

Sebenarnya hal tersebut tidak perlu dilakukan, mengapa demikian?
karena sekarang ini Laptop atau Notebook sudah menggunakan Teknologi Controlling Battery. mungkin masih dari kita masih ada yang belum mengetahi apa itu Controlling Battery, sedikit saya jelaskan. Controlling Battery adalah suatu teknologi baru dalam pemakaian baterai laptop/notebook biasanya teknologi ini ada pada Laptop atau Notebook keluaran tahun 1996 keatas bahkan sekarang ini semua Laptop atau Notebook yang harganya pada kalangan menengah kebawah sudah terdapat controlling battrey.


Controlling Battery memiliki fungsi pemberhentian secara otomatis (stop charging) ketika Laptop atau notebook sedang dalam keadaan charge (pengisian baterai) full 100%, dan fungsi baterai Laptop atau Notebook menjadi power listrik.

Keuntungan dari teknologi Controlling Battery yaitu tidak membuat baterai soak ataupun kembung, karena baterai mengontrol arus listrik yang masuk sebelum ke perangkat yang lainnya..

Untuk penggunan Laptop atau Notebook sebaiknya anda hindari  untuk melakukan pengosongan baterai hingga habis 0%, karena dapat menyebabkan efek cycle count dan anda hindari juga Charge – Discharge.

Pelepas baterai saat menyalakan dapat menyebabkan dampak buruk  pada Laptop atau Notebook karena terjadi pemadaman listrik dapat menyebabkan kerusakan hardware pada Laptop atau notebook.

Kesimpulannya yang didapat jika ingin melakukan aktifitas lama di depan Laptop atau Notebook sebaiknya tidak melepas baterai, setelah menimbang lebih baik membuat kinerja baterai menurut dari pada kita merusak Laptop atau Notebook dan komponen hardware lainnya.

Sekian dari saya mengenai Teknologi Controlling Battery Perlukah Melepas Baterai Laptop/Notebook?,semoga bermanfaat!
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments