Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 4:14:00 PM

Merekam Layar Desktop Menjadi Animasi GIF

No comments:
Gambar dengan format Gif  anda dapat membuatnya dengan berbagai aplikasi seperti dengan photoshop dan photoscape, dengan aplikasi tersebut diperlukan keahlian dalam mengoprasikannnya. Membuat gambar dengan format Gif dapt juga menggunakan alternatif lain yaitu dengan menggunakan Screencast-o-matic.

Screencast-o-matic adalah tool screencasting untuk membuat file video dari tangkapan apapun yang ada di dekstop kita dengan mudah dan ringan. Screencast-o-matic bekerja dari dalam browser tanpa diperlukan aplikasi tambahan. Screencast-o-matic berjalan sebagai Java applet sehingga bisa dijalankan baik di dalam Windows, Mac, atau Linux. Screen-o-matic cara kerjanya terlihat sederhana, namun hasil video atau file Gif yang dihasilkan lumayan bagus, setidaknya kita mendapatkan perbandingan kualitas gambar dan besar file yang seimbang.


Screencast-o-matic menawarkan dua layanan yaitu premium dan free,  preimun dengan versi lengkap dan pada layanan free kita bisa menggunakannya secara bebas tanpa batasan waktu, tapi dalam memakai versi free akan ada logo dengan tulisan screencast-o-matic di setiap file yang dibuat. Dalam versi free membuat gambar dengan ukuran besar memang tidak terlalu jadi masalah dan hasil cukup baik, tetapi jika dibuat dengan ukuran kecil akan terlihat kurang menarik.


Kelebihan Screencast-o-matic
  • Kita punya pilihan untuk langsung mengupload file hasil ke youtube dan beberapa layanan video hosting lain
  • file installernya kecil banget, 27,2 MB
  • bisa merekam sampai 15 menit video
  • bisa merekam sampai kualitas full HD
  • bisa menyimpan dalam format video yang populer, AVI, mp4, GIF, dll
  • memakainya sangat mudah karena interface yang sangat sederhana

Cara Kerja Screencast-o-matic

  • Untuk mengatur ukuran gambar dapat menggunakan kotak kecil di sisi dan pojok gambar

  • Untuk mulai merekam, bisa langsung tekan tombol merah di kiri bawah. Juga ada pilihan untuk menghidupkan webcam, mematikan mikrofon, dan sebagainya.

Demikian cara Merekam Layar Desktop Menjadi Animasi GIF, semoga bermanfaat!
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments