Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 10:12:00 AM

2 Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector

No comments:
Hard disk merupakan komponen yang sangat penting untuk media penyimpanan berkapasitas besar pada komputer atau Laptop. Hard disk digunakan untuk pusat penyimpanan data dan informasi penting lainnya. Prinsipnya jika sebuah benda tidak dirawat akan mengalami kerusakan atau ganguan,apabila tidak dirawat hal tersebut juga bisa terjadi pada Hard disk dan kerusakan sering terjadi adalah Hard disk Bad Sector. Gangguan atau kerusakan akan menyebabkan OS tidak bisa berjalan dengan optimal, proses pengerjaan apapun berjalan lambat bahkan OS tidak bisa tampil karena komputer melakukan restart terus-menerus.


Bad Sector adalah keadaan dimana satu sektor dalam harddisk atau removable disk mengalami kerusakan sehingga tidak bisa lagi digunakan sebagai tempat penyimpanan data. hal ini sering terjadi karena beberapa hal, misalnya putusnya koneksi saat adanya proses transfer data atau disebabkan oleh benturan yang menyebabkan kerusakan secara permanen.

Bad sector memiliki kecenderungan untuk menyebar dan biasanya tidak dapat diperbaiki. Ketika Bad sector menyebar, dapat menyebabkan ketidakstabilan sistem ketika file sistem penting lainnya rusak. Data yang rusak ringan masih dapat diperbaiki dengan tools bawaan Windows, caranya :

1. Buka Windwos Explorer, kemudian pilih computer


2. Terdapat beberapa Disk, pilih salah satu pada Disk yang akan dicek atau diperbaiki, kemudian klik kanan pilih Properties


3. Selanjutnya anda pilih Tools dan pada bagian Error Checking klik Check now.


4. Maka akan terbuka jendela kecil baru, lalu berikan ceklis pada dua opsi, dan klik Start


Proses akan memakan waktu cukup lama dan komputer akan merestar secara otomatis, ketika akan melakukan pengecekan sebaiknya dilakukan pada saat komputer tidak akan digunakan.

Selain melakukan perbaikan bad Sector dengan tools bawaan Windows, dapat juga dilakukan dengan beberapa softwar salah satunya dengan menggunakan HDD Regenerator. HDD Regenerator adalah tool yang dapat memperbaiki hardisk bad sector tanpa mempengaruhi informasi data atau file yang ada didalam hardisk.

Memperbaiki Hardisk Bad Sector dengan HDD Regenerator

1. Untuk menjalankannya buka aplikasi, lalu pada click here to repair physical bad Sector on .....


2. Apabila muncul peringantan untuk meminta Bios klik No


3. Maka akan terbuka jendela kecil baru, klik Drive yang akan diprocess, lalu klik Star Process


4. Kemudian akan terbuka Jendela baru kembali, klik Enter untuk menjalankannya


Proses akan memakan waktu cukup lama dan komputer akan merestar secara otomatis, ketika akan melakukan pengecekan sebaiknya dilakukan pada saat komputer tidak akan digunakan.

HDD Regenerator
1. Memilki kemampuan untuk mendeteksi dan memperbaiki bad sector pada permukaan hardidsk.
2. CD Bootable memungkinkan regenerasi mulai proses regenerasi di DOS secara otomatis.
3. Support di Windows XP/7/8 32 dan 64 bit.

Download HDD Regenerator dan Informasi lengkapnya dengan mengunjungi halaman resminya di http://www.abstradrome.com/

[Download HDD Regenerator Free]
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments