Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 9:55:00 PM

Cara melakukan Disk Defragmenter

No comments:
Disk Defragmenter adalah suatu program yang berinduk pada sistem operasi komputer (OS) yang berguna untuk menyusun atau mengatur kembali file-file yg diperbaharui atau yang telah di install. Dengan anda membuka file dikomputer atau Laptop maka secara otomatis windows akan bekerja atau mengambil ruang secara otomatis dalam penempatan space atau bagian partition dalam hardisk.


Disk Defragmenter merupakan salah satu tools pembawaan windows, Defragmenter berfungsi untuk menjaga kestabilan PC dan keadaan hardisk kerena defragmenter mampu memperbaiki boot sector dalam hardisk ataupun error program dan Defragmenter juga bisa mengatur file-file di hardisk. Biasanya file-file di hardisk kita tidak beraturan kemungkinan kerena pengaruh seringnya menginstall program yg tidak selalu di guna, menutup aplikasi secara tidak normal, menghapus atau memindahkan file, dan berbagai aktivitas managemen file lainnya.

Dengan Defragmenter windows akan mengatur file sistem, file aplikasi, dan file data ke dalam lokasi-lokasi tertentu di dalam hardisk sehingga memudahkan windows mencari file-file yang diperlukan. Untuk melakukan Defragmenter di Windows 7 berikut langkah-langkahnya :

1. Pertama, klik Start >> All Programs >> Accessories


2. Selajutnya klik System tools


3. Lalu klik Disk Defragmenter.


3. Maka anda akan melihat partisi yang akan di defragment, kemudian Pilih Drive di Defragment >>  lalu anda klik Analyze disk untuk mengetahui partisi hidden yang dibuat oleh Windows 7.


4. Tunggu sampai proses Analyze selesai


5. Hasil Analyze dapat digunakan sebagai acuan apakah sebuah partisi memang perlu di defrag atau tidak, kemudian klik tombol Defragment Disk untuk memulai defrag partisi hard disk


6. Dan anda tunggu sampai proses selesai


Pada Windows 7 anda bisa melakukan defragment pada beberapa partisi secara bersamaan tanpa harus menunggu proses defragment partisi yang lain selesai.

Penting :
Perlu diingat, sebaiknya anda jangan terlalu sering melakukan defragment, lakukanlah defragment satu kali dalam satu atau dua bulan karena jika terlalu sering melakukan defragment bisa membuat umur Hard disk pendek.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments