Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 8:32:00 PM

Mengatasi kinerja Komputer/Laptop yang Lambat

No comments:
Melambatnya kinerja komputer (PC) atau Laptop membuat pekerjaan menjadi terhambat. Pada umumnya, melembatnya kenerja Komputer (PC) atau Laptop disebabakan beberapa hal, untuk mengatasi masalah tersebut diperlukannya beberapa tips agar Komputer (PC) atau Laptop bisa berjalan dengan cepat. Berikut ini beberapat tips yang bisa kita lakukan :


Menghilangkan File Temp di folder penyimpanan
Ketika anda melakukan Browsing atau sedang beraktifitas dengan Internet melalui komputer (PC) atau Laptop maka komputer (PC) atau Laptop akan secara otomatis menyimpan file temp, apabila file tersebut semakin menumpuk atau besar bisa menimbulkan dampak negatif pada komputer atau laptop anda yaitu melambatnya kinerja pada komputer atau laptop.

Untuk membersihkan folder tersebut diperlukan bantuan pihak ketiga yaitu dengan bantuan software Ccleaner, dengan Ccleaner kita dapat dengan mudah menghapus file-file temp yang menumpuk didalam folder. untuk menjalankannya cukup mudah :

1. Pertama anda buka aplikasi, apabila anda belum memiliki Software Ccleaner anda bisa mendownloanya di www.piriform.com/ccleaner/download/standard
2. Install Ccleaner dan jalankan
3. Setelah selesai menginstall buka aplikasi Ccleaner, lalu klik Analyze, tunggu sampai proses selesai. Setelah itu bersihkan file temp dengan menekan tombol Run Cleaner.


Maka file-file temp akan terhapus.

Menghilangkan/menghapus Program yang tidak Terlalu Penting
Dengan adanya terlalu banyak software yang terinstall akan memberi beban di komputer atau laptop, apa lagi pada saat komputer atau laptop saat pertama kali di hidupkan. maka bijaklah dalam menginstall aplikasi atau software yang sekirannya anda butuhkan saja.

Sebaiknya aplikasi atau software yang tidak penting anda disable, ada dua cara bisa melalui control panel dan menggunakan Ccleaner.

Caranya :
1. Buka software Ccleaner  > Pilih tab tool
2. Pilih Startup
3. Lalu pilih aplikasi
4. Kemudian disable


Disabel adalah menghentikan kerja aplikasi.

Aplikasi yang terlau besar
Terkadang pengguna tidak memahami kemampuan yang dimiliki komputer dan laptop yang digunakan, dengan menginstall game-game berat  sehingga ketika game tersebut dijalankan
game akan terasa berat. Sebaiknya sebelum mengistall game anda melihat system requirement pada game agar terlihat bisa atau tidaknya dijalanakan dikomputer atau laptop anda.

Spesifikasi komputer atau laptop kecil
Dengan menambah kapasitas Ram dapat membuat komputer atau laptop bisa berjalan dengan lancar. Maka dari itu, usahakan komputer anda sudah menggunakan processor dual core dan ram minimal sebesar 2GB.

Terjadi kerusakan pada komponen
Kerusakan pada komponen komputer salah satu penyebab membuat lambatnya kinerja pada komputer atau laptop, seperti kerusaka pada hardisk bad sector. Apabila terjadi kerusakan pada hardisk bad sector sebaiknya anda memprbaiki atau perlu menggantinya dengan yang baru.

Terinfeksi virus
Virus sangat pengaruh terhadap kinerja pada komputer atau laptop, sebaiknya anda menginstall Antivirus pada komputer anda. Komputer atau laptop terinfeksi virus biasanya dikarenakan sering membagi data dengan menggunakan flashdisk dari komputer lain. Karena flasdis sangat rentan sekali dengan virus, sebelum memasukkan flasdisk pada komputer anda sebaiknya dilakukan scan terlebih dahulu.

Dengan membuat kinerja komputer atau Laptop selalu cepat, kemudahanpun akan didapat. Dengan demikian selalu rawatlah komputer atau laptop anda sebaik mungkin.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments