Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 11:17:00 PM

Penyebab Terjadinya Bad Sector Hard disk

No comments:
Perawatan pada Hard disk sangatlah diperlukan agar tidak terjadi kerusakan karena harddisk merupakan komponen yang sangat penting pada komputer atau Laptop. Terjadinya kerusakan pada Hard disk biasanya pada Hard disk bad sector.

Bad sector biasanya terjadi karena beberapa bagian dari hardisk tersebut mengalami kerusakan sehingga tidak bisa lagi digunakan sebagai tempat penyimpanan data, selain itu juga bad sector dapat membuat sistem tidak dapat mengaksesnya dan mengakibatkan komputer sering error, dan membuat performa komputer atau laptop menjadi lambat.

Ada dua jenis bad sector yang biasa di temukan yaitu hard badsector dan soft bad sector, hard bad sector atau biasa di sebut Head crash yaitu kerusakan yang terjadi pada kondisi fisik hardisk dan memperbaikinya perlu keahlian khusus untuk membongkar dan memperbaiki kerusakan pada hardware, dan sedangkan soft badsector yaitu kerusakan dalam membaca hardisk yang biasa di alami oleh sistem operasi itu sendiri  dan cenderung menyebar, namun semua itu masih bisa di perbaiki menggunakan software.

Baca juga : 2 cara Memperbaiki Hard disk Bad Sector

Adapun beberapa penyebab terjadinya Bad sector antara lain :
  1. Melemahnya magnetik dari piringan harddisk dan kesalahan mekanis. Kemungkinan, daerah magnetik disk kehilangan magnet dan karenanya ketidak mampuan untuk menyimpan data.
  2. Akibat dari guncangan atau getaran, dimana saat mengoperasikan komputer, dan saat harddisk sedang melakukan proses baca dan tulis, bila terjadi goncangan atau getaran, dapat menyebabkan head akan menggesek piringan dari harddisk sehingga menyebabkan goresan pada piringan, sehingga terjadi bad sector.
  3. Daya listrik yang menurun secara tiba-tiba saat harddisk melakukan proses baca dan tulis, sehingga head akan terhenti mendadak dan bekerja mendadak saat daya listrik naik lagi secara tiba-tiba, dimana head dapat menggesek piringan harddisk
  4. Akibat dari susunan file pada harddisk tidak teratur, sehingga head tidak teratur dalam membaca urutan file yang dibutuhkan sebuah aplikasi, yang lama-kelamaan head dapat menggesek plater dari harddisk dan mengakibatkan bad sector pada harddis.
Selain penyebab terjadinya bad sector diatas, bad sector juga bisa disebabkan oleh pemeriksaan Parity yang buruk saat menyalin bit pada disk. Pada hard disk modern data akan disimpan secara transparan dan akan menyimpan Parity bit bersama-sama dengan data. Ketika data dibaca, bit paritas juga diambil dan dibandingkan untuk menjamin integritas data. Hal ini berlangsung tanpa sepengetahuan user. Ketika bit parity rusak untuk beberapa alasan, kemudian akan berakibat pada kesalahan bad sector.

Sangat sering bad sector dapat terjadi sebagai akibat dari head gagal dalam melakukan proses baca dan tulis. Ketika head gagal dalam proses membaca dan menulis dan menafsirkan sinyal magnetik normal, selain itu bad sector juga bisa terjadi karena tanda-tanda awal disk crash karena mengalami penurunan kinerja.

Solusi untuk masalah Bad Sector jika disk masih bekerja dengan baik, segera backup data penting untuk menghindari hilangnya data lebih lanjut. Jika sistem merespon kemancetan data saat mengcopy data yang penting itu berarti data ada tersimpan pada lokasi bad sector tersebut dan susah dikembalikan.

Demikian penyebab terjadinya bad sector hard disk, Semoga bermanfaat!
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments