Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 3:19:00 PM

Tips Merawat Baterai HP Agar Tidak Cepat Rusak

No comments:
Umur baterai semua itu dapat ditentukan tergantung perawatan penggunanya, tentunya pengguna menginginkan kondisi baterai pada ponsel tidak mengalami kendala seperti kerusakan. Dengan merawat baterai kita dapat mengurangi kerusakan dan membuat usia baterai lebih panjang, selain itu juga kita bisa menghemat pengeluaran biaya agar tidak terlalu sering membeli baterai ponsel.

Jika anda membeli ponsel baru, pengisian pertama merupakan proses mengaktifkan sel dalam baterai agar berfungsi maksimal. Anda bisa membaca buku petujuk agar baterai anda bisa awet dan jika anda membeli ponsel second anda bisa melakukan pengecekan baterai agar anda bisa mengetahui kualitas pada baterai.

Bagi anda yang menginginkan baterai ponsel agar tetap awet tidak cepat rusak, anda bisa melakukan beberapa langkah agar kondisi baterai selalu terjaga tidak cepat rusak.

Non Aktifkan Ponsel bila dicharger
Proses pengisian baterai dengan keadaan non aktif sampai baterai full 100%, akan membuat baterai akan awet dan tidak cepat rusak. karena dengan menon aktifkan baterai saat pengisian dapat mengurangi suhu pada baterai.

Perhatikan waktu saat Pengisian baterai
Pada umumnya ponsel Android pengisian baterai membutuhkan waktu 2 sampai 3 jam, semua itu tergantung pada besar kecilnya kapaitas baterai. Saat pengisian baterai sebaiknya anda perhatikan waktu saat pengisian, apabila baterai sudah memberikan notifikasi pengisian penuh segara anda cabut baterai dari charger karena jika terlalu lama suhu baterai akan meningkat bisa terjadi kerusakan bahkan bisa meledak.

Jangan menggunakan ponsel bila sedang dalam pengisian
Sebaiknya anda hentikan aktifitas menggunakan ponsel apabila sedang dalam pengisian daya.
Sedikit penjelasan proses pengisian daya adalah proses pengaliran arus listrik untuk masuk ke baterai, namun apabila anda melakuakan pengisian baterai saat kondisi ponsel aktif makan akan membuat arus listrik baterai mengalir masuk dan keluar. Dengan terjadinya aliran arus listik masuk dan keluar akan menyebabkan pendeknya umur baterai dan cepet rusak. Dengan demikian sebaiknya akan hentikan aktifitas penggunaan posel ketika sedang pengisian daya.

Segera lakukan pengisian baterai apabila ponsel sudah memberikan tanda 
Segara anda lakukan pengisian daya baterai apabila ponsel sudah memberikan peringatan, jangan sampai menunggu ponsel sampai kehabisan daya atau mati. karena ini merupakan salah satu penyebab baterai pada ponsel cepat rusak atau tidak tahan lama.

Hindari pengisan baterai pada voltase listik tidak setabil
Menghindari pengisian daya pada voltase dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan pada baterai, sebaiknya anda hindari pengisian pada voltase yang tidak stabil sperti pengsian dalam mobil, menggunakan jengset dan lainnya.

Bagi anda yang ingin berpergian sebaiknya sebelum berangakat anda isi baterai sampi full, agar dalam perjalanan anda tidak kehabisan baterai sehingga melakuakan pengisi di mobil. dan bijaklah menggunakan ponsel ketika berpergian agar baterai tidak cepat habis.

Sekian sedikit tips dari Merawat Baterai HP Agar Tidak Cepat Rusak, terimaksih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat!
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments