Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 2:10:00 PM

10 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Jantung

No comments:
10 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Jantung ~ Jantung adalah sebuah rongga, rongga organ berotot yang memompa darah lewat pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang. Jantung mempunyai fungsi yang sangat penting dalam sistem peredaran darah.


Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung berdenyut kira-kira 72 kali per menit dalam keadaan istirahat atau kira- kira 100.000 kali per hari. Jantung memompa darah ke dalam pembuluh darah sepanjang kira-kira 100.000 km. Jantung adalah sebagai alat atau organ pemompa darah pada manusia. Pada saat itu jantung menyediakan oksigen darah yang cukup dan dialirkan ke seluruh tubuh, serta membersihkan tubuh dari hasil metabolisme (karbondioksida).

Jantung bekerja secara terus menerus selama manusia hidup, dan jantung merupakan salah satu organ vital yang penting pada manusia. Kesehatan pada jantung apabila terganggu tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik, tentunya dapat berpengaruh pada tubuh manusia. Oleh sebab itu bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan jantung, mulailah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Berikut ini sejumlah tips bagaimana Cara mudah menjaga kesehatan jantung yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari;


1. Waktu Tidur yang Cukup


Kurangnya istirahat atau kurangnya tidur dapat berdampak buruk pada kesehatan Jantung dan tubuh manusia. Dampak yang di timbulkan akibat kurangnya tidur dapat memicu serangan jantung dan berbagai macam penyakit serius akan mengancam Anda.

Faktor yang ditimbulkan jika tidak cukup tidur yaitu akan ada peningkatan tekanan darah, hormon stres, toleransi glukosa lebih rendah, dan peningkatan berat badan. Semua faktor tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner.


2. Rajin Berolahraga


Manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh memanglah sudah terbukti. Olahraga dilakukan secara rutin sangat baik untuk tubuh, selain itu juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Olahraga ringan seperti bersepeda dan juga jalan kaki merupakan salah satu olahraga yang sangat dianjurkan karena olahraga jenis ini tidak membutuhkan banyak tenaga dan tidak memberatkan kerja jantung khususnya bagi orang yang memiliki penyakit jantung.


3. Hindari Rokok


Bahaya rokok dan dampak rokok bagi kesehatan memang sudah dicantumkan dalam bungkus rokok. Disana disebutkan bahaya rokok untuk kesehatan yaitu bisa menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin. Walaupun demikina masih banyak yang merokok aktif, perlu Anda ketahui juga risiko perokok pasif 3 kali lebih tinggi dari perokok aktif. Selain itu juga rokok membuat pemborosan padan kantong Anda.

Rokok bahaya buat jantung karena rokok menimbulkan aterosklerosis atau terjadi pengerasan pada pembuluh darah. Kondisi ini merupakan penumpukan zat lemak di arteri, lemak dan plak memblok aliran darah dan membuat penyempitan pembuluh darah. Hal ini menyebabkan penyakit jantung. Jantung harus bekerja lebih keras dan tekanan ekstra dapat menyebabkan angina atau nyeri dada. Jika satu arteri atau lebih menjadi benar-benar terblokir, serangan jantung bisa terjadi.


4. Hindari makanan yang berlemak


Lemak terdapat dalam kandungan makanan dan minuman. Makanan yang mengandung tinggi lemak tidak baik untuk kesehatan jantung karena akan memicu naiknya kolesterol darah yang tinggi. Apabila terlalu banyak lemak pada tubuh, maka lemak tersebut akan menumpuk dalam tubuh terutama pada pembuluh darah yang mengganggu aliran darah ke jantung.

Agar konsumsi lemak dapat bermanfaat positif bagi tubuh manusia perlu strategi yang tepat pada pemilihan jenis lemak. Pedoman umum agar makanan yang dikonsumsi mengandung zat gizi yang diperlukan oleh tubuh, adalah dengan mempertimbangkan kecukupan, keseimbangan, dan keberagaman zat masing-masing individu.


5. Banyak Mengkonsumsi Buah-buahan


Banyak mengosumsi buah baik untuk kesehatan jantung karena buah mengandung antioksidan sekaligus mengurangi resiko atau mencegah penyakit jantung. Jenis buah-buahan yang dapat mencegh penyakit jantung diantaranay jeruk, anggur, delima, apel , kiwi, alpukat, strawberry, dan blewah.


6. Banyak mengkonsumsi sayuran hijau


Banyak mengkonsumsi sayuran hijau baik untuk kesehatan tubuh selain itu juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Menurut penelitian yang dilakukan di Swedia lalu menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi sayuran yang memiliki warna hijau dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung hingga 25 persen. Hal ini diketahui setelah para peneliti mengamati asupan antioksidan pada pola makan sekitar 30.000 wanita di Swedia yang rata-rata berusia 49-83 tahun. Selain dapat menjaga kesehatan jantung sayur-sayuran juga sangat baik untuk pencegahan penyakit diabetes.


7. Menjaga kestabilan berat badan


Banyak sekali selalu menjaga badannya agar tetap ideal, namun tidak sedikt juga yang memiliki kelebihan berat badan. Kelebihan berat badan atau disebut juga obesitas merupakan salah satu pemicu berbagai macam masalah kesehatan, banyak penyakit yang bisa disebabkan oleh obesitas seperti penyakit jantung, diabetes dan darah tinggi. Oleh sebab itu untuk menjaga kesehatan jantung anda maka yang harus dilakukan adalah mempertahan kestabilan berat bdan ideal.


8. Banyak Mengkonsumsi Air Putih


Tubuh kita terdiri lebih dari 70% cairan yang mana kebutuhan akan cairan sangat tinggi. Air Putih merupakan minuman yang paling sehat dan tidak berbahaya karena dibutuhkan setiap hari oleh tubuh kita untuk menjaga kesehatan. Manfaat minum air putih sangat banyak untuk kesehatan, dan salah satunya mencegah penyakit jantung. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di American Journal of Epidemiology, bahwa resiko penyakit jantung dan kematian mendadak dapat dicegah sekitar 41 persen dengan cara mengkonsumsi lebih banyak air putih lebih dari 8 gelas setiap harinya.


9. Tertawa


Tertawa merupakan pencermin keriangan atau kebahagianan seseorang. Banyak sekali manfaat tertawa diantaranya bisa awet muda, percaya diri, meningkatkan kekebalan tubuh dan lain-lain. Taukah anda dengan anda tertawa dapat menjaga kesehatan jantung? menurut sebuah studi yang diterbitkan tahun 2006 di University of Maryland menemukan bahwa tertawa menyebabkan pembuluh darah membesar sebesar 22 persen. Dr Miller mengatakan: “Tertawa menyebabkan jaringan yang membentuk lapisan dalam pembuluh darah Anda menjadi lebih luas, sehingga memungkinkan untuk peningkatan aliran darah dan mengurangi tekanan darah”.


10. Mengkonsumsi buah anggur


Buah Anggur khususnya yang berwarna merah mengandung banyak senyawa yang diketahui dapat menjaga kesehatan jantung, termasuk di antaranya resveratrol. Zat ini memiliki sifat antioksidan yang cukup kuat yang berfungsi untuk melindungi pembuluh darah di jantung serta membantu mencegah pembentukan penggumpalan darah.

Demikian 10 cara mudah menjaga kesehatan jantung, cara di atas dapat dilakukan setiap hari karena sudah familiar bagi kita. Mari kita memulai gaya hidup sehat setiap hari, pepatah mengatakan lebih baik mencegah dari pada mengobati. Semoga bermanfaat!
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments