Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 4:02:00 AM

17 Tempat Wisata Menarik di Jakarta yang Wajib dikunjungi

No comments:
DKI Jakarta adalah ibu Kota negara Indonesia yang dulunya bernama Sunda kelapa. Jakarta merupakan wilayah metropolitan yang memiliki jumlah penduduk terbesar di Asia Tenggara dan memiliki urutan kedua di dunia. Ibu Kota Negara ini dikenal sebagai kota biaya rata-rata termahal di Indonesia, dan juga terkenal dengan , polusi , kemacetan dan banjir.

Lupakan problema yang ada di Ibu Kota Indonesia ini dengan mengunjungi tempat-tempat wisata. padatnya hiruk pikuk kota Jakarta masih memiliki tempat wisata yang menarik dengan berbagai pesona. Apa saja tempat wisata di jakarta, berikut rangkumannya :


1. Taman Mini Indonesia Indah


Taman Mini Indonesia Indah
Taman Mini Indonesia Indah
Taman Mini Indonesia Indah merupakan taman wisata yang bertema budaya Indonesia terletak di Jakarta Timur. Taman Mini Indonesia Indah terdapat sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia dari  Sabang sampai Merauke. Tempat wisata dan pembuatan miniatur digagas oleh Ibu Tien Soeharto.

Taman Mini Indonesia menceritakan aspek kehidupan masyarakat indonesia, dan juga terdapat anjungan 34 provinsi yang menyediakan berbagai informasi mengenai adat dan budaya masing-masing, mulai dari kuliner, pakaian adat sampai rumah tradisional. Selain itu, TMII juga menyediakan berbagai sarana rekreasi seperti kereta gantung, berbagai museum, dan Teater IMAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku.

2. Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol
Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol terletak di daerah Jakarta Utara. Taman wisata ini merupakan temat wisata terbesar dengan banyak objek wisata seperti Dunia Fantasi ( Dufan ), Pantai dan Taman, Atlantis Water Adventure , Gelanggang Samudra , Sea World , dan Kereta Gantung ( Gondola )  dan masih banyk lagi.

Selain wahana di TIJA juga terdapat Pasar Seni, Pasar Seni merupakan pusat kegiatan seni dan kerajinan yang memberikan inspirasi serta wawasan bagi penikmat dan kolektor seni. disini Anda bisa membeli beragam kerajinan tangan, bisa menononton pertunjukan seni bahkan ikut belajar membuat kerajinan.

Waktu sehari sepertinya terasa kurang untuk menikmati setiap wahana yang anda, aman Impian Jaya Ancol juga menyediakan fasilitas tempat wisata kuliner dan juga penginapan yang membuat urusan akomodasi Anda selama berlibur di Jakarta menjadi lebih mudah.

3. Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Taman Wisata Alam Angke Kapuk
Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Taman Wisata Alam Angke Kapuk terletak di kawasan Jakarta Utara. Taman Wisata ini banyak ditumbuhi pohon mangrove yang selain berfungsi untuk melindungi dari abrasi dan dampak lingkungan, bisa juga menjadi tujuan wisata.

Selain menikmati keindahan alam, udara nan sejuk dan asri, diTaman Wisata Alam Angke Kapuk juga banyak yang bisa kita lakukan mulai dari naik kano, trekking hutan sampai berburu objek fotografi. Satu lagi yang menarik adalah Anda juga bisa menyumbang sejumlah dana untuk ditukar dengan bibit mangrove dan Anda sendiri yang menanamnya.

4. Monas

Monas
Monas

Monas (Monumen Nasional) merupakan ikon kebanggan warga Jakarta. Monumen ini memiliki tinggi 132 meter dengan mahkota obor api di puncaknya. Monas merupakan salah satu tempat wisata wajib dikunjungi wisatawan luar Jakarta, akses menuju monaspun cukup mudah dan murah. Di Monas, Anda bisa naik ke pelataran puncaknya untuk melihat pemandangan Jakarta atau berkunjung ke Museum Sejarah Nasional yang ada di bagian bawah.


5. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal
Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar di kawasan Asia Tenggara. Masjid ini memiliki total luas bangunan sekitar 2,5 Ha dan mampu menampung sekitar 200.000 jama'ah. Masjid Istiqlal adalah salah satu proyek besar Bung Karno yang memakan waktu pembangunan kurang lebih 17 tahun karena situasi politik yang terjadi di masanya. Masjid Istiqlal banyaknya dipenuhi seni kaligrafi yang menghiasinya membuat Masjid Istiqlal terlihat semakin megah dan cantik.

Konstruksi pada Masjid Istiqlal dibuat sesuai dengan nilai dan sejarah Islam, seperti terdiri dari lima lantai yang disesuaikan dengan jumlah Rukun Islam, tiang penyanggah kubah yang berjumlah 12 sesuai dengan tanggal kelahiran Nabi Muhammad SAW.

6. Kota Tua

Kota Tua
Kota Tua

Kota Tua dulunya bernama Batavia Lama atau Oud Batavia. Keberadaan Pelabuhan Sunda Kelapa saat itu menjadi awal pemerintahan Hindia Belanda memutuskan kawasan ini dijadikan pusat pemerintahan pada masa itu.

Banyak sekali nilai sejarah yang bisa Anda ambil saat menjelajah Kota Tua. Anda bisa melihat bangunan-bangunan tua dengan arsitektur khas Eropa kuno dan juga Tionghoa. Bagian dari Kota Tua yang paling ramai dikunjungi adalah Museum Fatahillah dan sekitarnya. Di sini, Anda bisa menikmati beragam kuliner, menyewa sepeda onthel dan juga menyaksikan pertunjukan seni jalanan.

7. Jembatan Kota Intan

Jembatan Kota Intan
Jembatan Kota Intan

Jembatan Kota Intan adalah jembatan warisan Belanda berlokasi di sudut Ibu Kota Jakarta yang panjangnya mencapai 30 meter serta mempunyai lebar 4,43 meter dibangun pada tahun 1628. Jembatan Kota Intan satu kawasan dengan kota tua Jakarta.

Dikawasan wisata ini Anda melakukan berbagai macam kegiatan, seperti observasi budaya bernilai sejarah, serta lokasi untuk pengambilan gambar foto para fotografi, bahkan saat ini banyak yang mengambil foto pre-wedding.

8. Planetarium

Planetarium
Planetarium

Planetarium merupakan tempat melakukan observasi astronomi. Semua hal mengenai astronomi tersaji lengkap di sini, Anda bisa belajar mengenai perbintangan dengan menggunakan alat peraga yang tersaji di Planetarium dan juga belajar mengenai antariksa seperti melihat berbagai teropong bintang, menonton film pembentukan alam raya serta proses terjadinya gerhana bulan dan matahari. Dengan mengajak keluarga Anda bisa menambah pengetahuan mengenai perbintangan dan antariksa.

9. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah
Museum Fatahillah

Museum fatahillah adalah salah satu dari banyak tempat wisata di Jakarta bersejarah yang wajib kamu kunjungi. Museum ini ada di Jakarta Barat tepatnya di Jalan Taman Fatahillah nomor 2. Museum ini juga dikenal dengan nama Museum Sejarah Jakarta atau Museum Batavia. Museum fatahillah memiliki luas 1300 meter persegi di bangun tahun 1707 sampai 1710.


10. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia
Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia terletak di Jalan Pintu Besar Jakarta Barat. Lokasi museum ini tak jauh dari kawasan Museum Fatahillah. Museum ini diresmikan pada 21 Juli 2009. Museum Bank Indonesia di dsigen senyaman mungkin dan berteknologi tinggi di Indonesia saat ini.

Museum Bank Indonesia merupakan wisata edukatif, kebanyakan ruangan telah menggunakan teknologi audo visual sehingga dapat membantu pengunjung untuk lebih mudah belajar sejarah mengenai sistem keuangan sejak masa Hindia Belanda. museum ini  banyak memamerkan banyak koleksi disertai alat peraga canggih dan berteknologi tinggi. Salah satu yang menarik adalah Ruang Transisi.

Satu lagi yang menarik, terdapat hologram uang koin terbang interkatif. Jika Anda menangkap satu koin, maka akan muncul informasi mengenai koin tersebut.

11. Taman Margasatwa Ragunan

Taman Margasatwa Ragunan
Taman Margasatwa Ragunan

Taman Margasatwa Ragunan atau yang sebelumnya dikenal dengan nama Kebun Binatang Ragunan bisa menjadi pilihan Anda selama berlibur. Taman Margasatwa Ragunan berlokasi di daerah Ragunan, Jakarta Selatan. Kebun binatang dengan luas 140 Ha ini menjadi tempat tinggal bagi lebih dari 4.000 ekor binatang dari 295 spesies.

Taman Margasatwa Ragunan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berwisata bersama anak-anak dan keluarga. Di sini, kita bisa mengenalkan binatang kepada anak-anak dengan cara yang menyenangkan dan juga Tempat wisata ini memiliki area khusus anak bernama Children Zoo.


12. Kampung Betawi Setu Babakan

Kampung Betawi Setu Babakan
Kampung Betawi Setu Babakan

Ibu Kota Negara indonesia dikenal dengan etnis Betawi. Untuk Anda yang ingin lebih mengenal etnis betawi bisa berwisata  ke Kampung Betawi yang berkawasan di Setu Babakan dan sekitarnya. Perkampungan ini terletak di Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Anda bisa belajar lebih mengenal etnis Betawi mulai dari rumah adat, pakaian tradisional sampai mencicipi kerak telor yang merupakan kuliner khasnya. Yang lebih menarik lagi, Anda bisa menyewa sepeda untuk berkeliling kampung atau memancing di Setu Babakan.

13. Grand Indonesia Shopping Town

Grand Indonesia Shopping Town
Grand Indonesia Shopping Town

Grand Indonesia Shopping Town terletak di kawasan MH Thamrin. Grand Indonesia Shopping Town merupakan salah satu Mal terbesar di Jakarta. Grand Indonesia Shopping Town dikelola oleh Kempinski dengan kompleks multi-guna yaitu terdapat hotel, apartemen dan gedung perkantoran.

Grand Indonesia Shopping Town terdiri dari tiga bagian yaitu East Mall, West Mall dan sebuah Skybridge yang menghubungkan kedua bagian tersebut. Grand Indonesia Shopping Town memiliki ratusan jumlah tenant. Tenant-tenant ini menyediakan berbaga kebutuhan Anda mulai dari fashion, kuliner sampai hiburan.

Satu lagi yang menarik  terdapat sebuah wahana baru Magic Fountain Show, tempat air mancur menari dan bernyanyi yang dipertunjukkan setiap satu jam sekali dengan pertunjukan, musik, kebyaran warna warni lampu, dan tarian air mancur yang bagus.

14. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu
Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu berada di laut lepas Jakarta. Berada di sini pulau seribu sangat mengasikkan, beberapa pulau yang populer di antaranya adalah Pulau Pari, Pulau Tidung dan Pulau Bidadari. Kepulauan Seribu juga merupakan zona konservasi berupa taman nasional laut bernama Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu.

Bagi penyuka kegiatan air, di Kepulauan Seribu Anda bisa menyelam dan snorkeling. Penggemar kuliner khas laut juga bisa menyantap aneka sajian berbahan seafood mulai dari udang, cumi, kepiting dan udang.


15. Gedung Arsip Nasional

Gedung Arsip Nasional
Gedung Arsip Nasional

Gedung Arsip Nasional atau Bangunan Arsip Nasional juga merupakan sebuah tempat wisata di Jakarta yang banyak di kunjungi. Gedung Arsip Nasional diresmikan sebagai cagar budaya Arsip Nasional.

Gedung Arsip Nasional merupakan saksi sejarah tentang perjalanan dari bangsa Indonesia. Semula, tempat tersebut menjadi tempat kediaman Gubernur Jenderal VOC yang bernama Reiner de Klerk.

16. Museum Wayang

Museum Wayang
Museum Wayang

Museum wayang dibangun pertamakali pada tahun 1640. Dulunya museum wayang merupakan sebuah gereja tua yang di dirikan oleh Belanda. Museum Wayang terdapat berbagai jenis dan bentuk wayang dari seluruh Indonesia, baik yang terbuat dari kayu dan kulit maupun bahan-bahan lain. Wayang-wayang dari luar negeri ada juga di sini, misalnya dari Republik Rakyat Tiongkok dan Kamboja.

Museum Wayang mengkoleksi lebih dari 4.000 buah wayang, terdiri atas wayang kulit, wayang golek, wayang kardus, wayang rumput, wayang janur, topeng, boneka, wayang beber dan gamelan. Selain itu juga, di museum ini mekoleksi boneka-boneka yang berasal dari Eropa meskipun ada juga yang berasal dari beberapa negara non-Eropa seperti Thailand, Suriname, Tiongkok, Vietnam, India dan Kolombia. Salah satu yang menarik secara periodik disenggelarakan juga pagelaran wayang pada minggu 2 dan ke 3 setiap bulannya.

17. Gedung Kesenian Jakarta

Gedung Kesenian Jakarta
Gedung Kesenian Jakarta

Pemerintahan Belanda zaman dulu banyak meninggalkan bangunan, salah satunya Gedung Kesenian Jakarta yang dulunya bernama Theater Schouwburg Weltevreden di bangun pada tahun 1821 yang sampai sekarang masih berdiri dengan kokoh di Kota Jakarta.

Gedung Kesenian Jakarta digunakan untuk tempat pertunjukan seni seluruh Nusantara dalam seperti teater, drama, sastra, film, dan lain sebagainya. Gedung ini juga memiliki fasilitas yang bagus dan memadai yaitu ruang pertunjukan dengan kapasitas penonton sekitar 475 orang, peralatan tata cahaya, kamera (CCTV) di setiap ruangan, TV monitor, ruang foyer, serta fasilitas outdoor berupa electric billboard untuk keperluan publikasinya.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments