Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 5:04:00 AM

20 Pesona Tempat Wisata di Yogyakarta

No comments:
Daerah Istimewa Yogyakarta terletak di bagian selatan Pulau Jawa bagian tengah dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia. Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki banyak obyek dan daya tarik wisata yang banyak dikunjuki oleh wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Banyak tempat-tempat di Yogyakarta yang tidak diragukan lagi keindahan seperti wisata budaya, wisata alam dan wisata khusus. Apa sajakah tempat wisata yang menarik di Yogyakarta?

20 Tempat Wisata di Yogyakarta

1. Candi Borobudur


Candi Borobudur adalah candi Buddha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia. Candi Borobudur merupakan salah satu tempat wisata yang populer sampai kemancanegara. Candi Borobudur merupakan tempat wisata yang paling banyak dikunjungi, jika Anda ke Yogyakarta tempat wisata ini tentunya wajib untuk dikunjungi. Borobudur memiliki koleksi relief Buddha terlengkap dan terbanyak di dunia. Borobudur masih digunakan sebagai tempat ziarah keagamaan; tiap tahun umat Buddha yang datang dari seluruh Indonesia dan mancanegara berkumpul di Borobudur untuk memperingati Trisuci Waisak.


2. Candi Prambanan


Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi adalah Candi Prambanan. Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu yang terbesar di Indonesia. Candi ini termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO, Candi Prambanan yang terletak 17 km dari pusat Yogyakarta merupakan salah satu candi terindah dan termegah di Asia Tenggara.


3. Pantai Parangtritis


Pantai Parangtritis adalah objek wisata yang terkenal di Yogyakarta. Pantai Parangtritis terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul Yogyakarta. Berlokasi 25 km di selatan pusat kota Yogyakarta. Parangtritis memiliki karakter ombak yang besar, selain itu juga mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya yaitu adanya gunung-gunung pasir di sekitar pantai, yang biasa disebut gumuk.


4. Jalan Malioboro


Jalan Malioboro berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti karangan bunga. Jalan Malioboro sangat terkenal dengan wisata belanja dan kulinernya. Di Malioboro, jika di siang hari banyak yang menjajakan kerajinan khas Jogja dengan harga yang terjangkau dan di malam hari Anda dapat menikmati wisata kuliner seperti makanan yang terkenal di Jogya yaitu gudeg. Selain menikmati wisata kuliner Malioboro terkenal sebagai tempat berkumpulnya para seniman yang sering mengekpresikan kemampuan mereka seperti bermain musik, melukis, hapening art, pantomim, dan lain-lain di sepanjang jalan ini.


5. Puncak Suroloyo


Puncak Suroloyo berlokasi di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta. Puncak Suroloyo memiliki ketinggian 1.019 m , untuk menuju lokasi Anda akan mendapatkan pengalaman yang mendebarkan, Anda akan ditemani jalanan dengan kelokan yang tajam, penuh dengan tanjakan diapit oleh jurang dan bukit. Dan untuk kepuncak Suroloyo harus menaiki anak tangga berjumlah 290 disarankan untuk berhati-hati saat menaiki tangga karena memiliki  tingkat kemiringan yang lumayan terjal.

Sampai di puncak perasaan anda akan tergantikan oleh pemandangan yang indah menakjubkan. Anda akan disambut puluhan kupu-kupu, burung gereja dan capung berhamburan. Keindahan Alam yang terbaik di Puncak Suroloyo adalah saat matahari terbit sampai jam 10.00 WIB. Selain itu, Anda bisa melihat candi Borobudur sangat kecil, pantai selatan, dan Anda akan melihat 4 gunung yang mengelilingi Puncak Suroloyo yaitu gunung Merapi, gunung Merbabu, gunung Sindoro dan gunung Sumbing.


6. Goa Jomblang


Goa Jomblang adalah sebuah goa wisata yang berlokasi di Gunung Kidul, Yogyakarta. Goa Jomblang merupakan goa vertikal yang memiliki keunikan yang luar biasa. Didalam goa terdapat hutan purba yang memiliki vegetasi unik. Yang membuat Anda akan terkagum-kagum yaitu Anda akan dapat melihat cahaya menembus goa yang sering di sebut Cahaya Surga. Waktu yang paling baik untuk mengunjungi goa ini adalah sekitar pukul 10.00-12.00 WIB, karena posisi matahari sedang tinggi.


7. Air Terjun Sri Gethuk


Air Terjun Sri Gethuk terletak di ngarai Sungai Oya yang membelah Desa Wisata Bleberan Kecamatan Playen Gunung Kidul. Dari Yogyakarta kita akan menempuh jarak sekitar 45 km. Di daerah yang kering terdapat pesona air terjun yang sangat indah. Di antara tebing-tebing karst, air terjun Sri Gethuk mengalir tanpa henti dan tak pernah kering. Yang membuat menari dan menarik lagi di bawahnya, terdapat bebatuan yang membentuk undak-undakan.

Konon menurut masyarakat setempat, tempat ini merupakan tempat penyimpanan kethuk atau instrumen gamelam milik Jin Anggo Meduro, makanya tempat ini dinamakan Sri Gethuk.


8. Arung Jeram Citra Elo


Arung Jeram Citra Elo adalah arung jeram yang terkenal di Yogyakarta. Arung Jeram Citra Elo sangat cocok untuk wisata keluarga dan anak-anak karena arusnya yang tidak berbahaya. Selain arung jeram di sungi elo, terdapat juga arung jeram sungai progo tempat ini untuk wisata arung jeram petualang.


9. Pantai Siung


Pantai siung terletak di Kecamatan Tepus berjarak 100 km dari kota Yogyakarta. Untuk Anda yang menyukai olahraga panjat tebing, Anda wajib mengunjungi Pantai Siung. Pantai Siung menjadi daya tarik tersendiri bagi tempat ini, karena pantai ini di kelilingi oleh tebing-tebing curam. Tebing-tebing tersebut di manfatkan menjadi jalur panjat tebing, anda sekitar 250 jalur panjat tebing internasional yang bisa Anda coba. Jalur panjat tebing di Pantai Siung memiliki tingkat kesulitan sendiri, untuk Anda yang pemula jangan khawatir tempat ini juga menyediakan jalur untuk pemula. selain Anda bisa berolah raga ekstrim, dari salah satu puncak tebing, Anda bisa melihat panorama Pantai Siung dengan laut menghampar di kejauhan.


10. Keraton Yogyakarta


Keraton ini kini juga merupakan salah satu objek wisata di Kota Yogyakarta. Keraton Yogyakarta merupakan tempat tinggal sultan dan keluarga. Keraton Yogyakarta memiliki arsitektur istana Jawa, selain menimkati indahnya arsitektur Anda juga kemusium yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan. Apabila anda ingin mengunjungi tempat wisata Keraton Yogyakarta,  Keraton Yogyakarta buka pukul 08.00-14.00 WIB.


11. Gunung Merapi


Ingin berwisata alam mendaki gunung, Yogyakarta pun memiliki tempat wisata untuk mendaki gunung yaitu di Gunung Merapi. Gunung merapi merpakan gunung yang populer di Yogyakarta, tempat ini merupakan salah satu tempat favorit para pecinta alam yang hobi mendaki gunung. Selain dapat menjadi tempat mendaki gunung, di puncak gunung Bromo Anda juga bisa menikmati indahnya matahari terbit.


12. Istana Air Taman Sari


Jika Anda berjalan-jalan ke Yogyakarta tentunya tidak akan melewatkan Istana Air atau yang lebih dikenal dengan Taman Sari, terletak kurang dari 1 km barat Keraton. Keindahan arsitekturnya yang kuno, dan pemandangan yang menakjubkan membuat Taman Sari sangat mempesona. ditaman sari terdapat kebun bunga yang membuat udara disekitar menjadi sejuk. Pada Zaman dahulu Taman Sari merupakan tempat tempat rekreasi dan meditasi bagi keluarga kerajaan Yogyakarta dan sekaligus berfungsi sebagai benteng pertahanan terhadap musuh yang menyerang.


13. Gumuk Pasir Parangkusumo


Ingin merasakan sensai olahraga snowboarding, Yogyakarta memiliki tempat untuk olahraga tersebut yaitu terletak di Pantai Parangkusumo, Yogyakarta. Di gumuk pasir ini, Anda bisa menjajal serunya menuruni bukit dengan papan luncur. Olahraga ini cukup aman untuk Anda yang pemula. Lahan Gumuk Pasir hanya ada di dunia loch selain Yogyakarta, satu lagi terdapat di Meksiko.


14. Museum Affandi


Museum Affandi terletak di Jalan Laksda Adisucipto 167, terletak di pinggir Kali Gajah Wong tak jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Di Museum Affandi, Anda akan melihat ratusan lukisan karya Affandi semasa hidupnya. Di Museum Affandi Anda bisa melihat galeri lukisan yang di pajang, selain itu di museum ini juga Anda melihat barang-barang koleksi pribadi milik Affandi yang di pajang.


15. Kebun Binatang Gembira Loka


Kebun Binatang Gembira Loka merupakan kebun binatang satu-satunya yang dimiliki oleh Daerah Istimewa Yogyakarta. Kebun Binatang Gembira Loka adalah tempat wisata keluarga, tampet wisata ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan, tempat ini berisi berbagai macam hewan dari belahan dunia.

Selain Anda bisa mengenal dan berinteraksi dengan hewan, di tempat ini juga terdapat wahana permainan. Wahana permainan di Kebun Binatang Gembira Loka yaitu kolam tangkap ikan, sepeda air, ATV, perahukayuh, menunggang gajah, menunggang onta, dan lain-lain.


16. Gondola Tradisional


Gondola Tradisional merupakan tali yang dikaitkan dengan pancang kayu yang dipasang di sela-sela karang. Gondola Tradisional terletak di Pantai Timang Gunung Kidul. Gondola ini digunakan nelayan untuk berburu lobster yang ada di pulau karang bernama Pulau Panjang di seberang pantai.

Anda bisa merasakan sensani menyeberangi ganasnya ombak sambil menantang maut dengan menaiki Gondola Tradisional. Setelah sampai di atas karang, Anda bisa melihat kumpulan nelayan lobster. Jika Anda berniat mencoba Gondola Tradisional, Anda diwajibkan untuk konfirmasi 1 hari sebelumnya terlebih dahulu dengan pihak pengelola. Jangan khawatir dengan keamanan gondola ini, karena ppihak pengelola rutin melakukan pemeriksaan secara berkala untuk memastikan kelayakan gondola.


17. Pabrik Gula Madukismo


Pabrik Gula Madukismo berada di Kasihan, Bantul. Pabrik Gula Madukismo merupakan wisata argoindustri, di tempat ini Anda bisa melihat proses pembuatan gula di pabrik ini. Pabrik Gula Madukismo biasanya memulai musim giling pada bulan Mei sampai september, disini Anda bisa mengikuti tur untuk melihat dari dekat mesin-mesin produksi.

Satu lagi yang menarik, adanya ritual yang dilakukan warga sekitar dan karyawan pabrik yaitu ritual Cembengan yang bertujuan memohon doa restu agar proses penggilingan berjalan dengan lancar. Selama ritual, Anda dapat melihat kirab tebu temanten dan berbagai acara kesenian lainnya seperti pasar malam, jathilan dan wayang kulit semalam suntuk.


18. Cave tubing di Goa Pindul


Goa Pindul terletak di Gunung kidul Yogyakarta. Cave tubing adalah kegiatan susur goa menggunakan ban dalam atau body rafting melewati sungai yang terletak di dalam bumi. Tempat ini banyak di kunjungi wisatawan.

Selain Cave tubing di Goa Pindul, Ada juga tempat Cave tubing  yaitu di Kalisuci terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul. Di beri nama kalisuci karena terdapat mata air letaknya di atas aliran sungai yang sangat jernih dan tetap jernih meskipun air sungai mengeruh ketika musim hujan.


19. Bukit Parang Endog


Bukit Parang Endog terletak di ujung timur Pantai Parangtritis. Bukit Parang Endog biasa digunakan sebagai landasan pacu olahraga paralayang. Jika Anda tertarik ingin mencoba olahraga paralayang Anda bisa melakukannya bersama pilot yang berpengalaman dengan membayar sekitar 300 ribu sekali terbang.

Namun jika Anda berminat, Anda bisa menikmati indahnya sun set (tenggelammnya matahri) di atas Bukit Parang Endog. Selain itu juga diatas bukut Andabisa menikmati keindahan Pantai Parangtritis dari ketinggian.


20. Candi Sambisari


Candi Sambisari terletak di Dusun Sambisari, kelurahan Purwomartani, kecamatan Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Di lokasi tersebut terdapat peninggalan purbakala yaitu Candi Sambisari. Candi ini di temukan pada tahun 1966 oleh seorang petani di areal yang awalnya merupakan persawahan.

Yang unik dari candi ini yaitu berada 6,5 meter lebih rendah dibanding tanah di sekelilingnya. Candi ini tidak memiliki banyak relief atau hiasan, Namun disini Anda bisa melihat patung Dewi Durga, istri Dewa Siwa. Berhadapan dengan candi utama, ada tiga candi pendamping yang tidak lagi utuh. untuk masuk kearea candi Anda tidak dipungut biaya.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments