Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 4:19:00 PM

4 Cara Melewati Garis Finish Lari Jarak Pendek

No comments:
Finish adalah garis penentu dalam sebuah perlombaan. Garis Finish dijadikan acuan dalam setiap perlombaan karena garis finis adalah penentuan akhir untuk menjadi juara pada setiap perlombaan. Pada olahraga atletik cabang lari, melewati garis finish disebut dengan nama Finishing Action.


Finishing Action merupakan salah satu unsur yang perlu diperhatikan pada lari jarak pendek, ada 4 macam cara melewati garis finish diantarnya sebagai berikut :

1. Lari terus tanpa mengubah sikap badan. Cara ini sangat mudah, tetapi kurang menguntungkan karena posisi badan tidak mengalami perubahan.

2. Memutar atau memiringkan badan/bahu kesalah satu sisi. Cara ini lebih menguntungkan dari cara pertama.

3. Merebahkan atau menjatuhkan badan kedepan (amyuk) atau "thestrug". Cara "amyuk" ini sangat menguntungkan, tetapi penguasaannya lebih sulit dari cara kedua. banyak sprinter kenamaan yang memakai amyuk ini.

4. Kombinasi antara memiringkan badan dan amyuk. Cara ini jga cukup baik, banyak sprinter yang memakainya.

Dengan Adanya keempat cara melewati garis tersebut di atas, maka pihak pelari harus memilih salah satu cara yang dikuasainya (kecuali cara yang pertama).
"Perlu diketahui, bahwa pengambilan dan penentuan kedatangan di garis finish adalah pedoman pada posisi batang tubuh (togok atau torso) bagian atas (dada atau bahu) hingga menyentuh bidang atas yang tegak lurus pada garis finis".
Itulah sebabnya pada saat melewati garis finish pihak pelari harus secepatnya membawa batang tubuhnya jauh-jauh (condong) kedepan, baik dengan memutar badan , memutar bahu, merebahkan badan maupun dengan cara kombinasi.

Disamping itu ada beberapa hal yang perlu di perhatikan pada saat melewati garis finish :

a. Jangan dilakukan melompat, karena justru akan menghambat kecepatan
b. Tidak perlu melihat kekanan atau kekiri
c. Finishing Action harus dilakukan dengan cepat, jadi jangan terlalu awal atau setelah melewati garis finish
d. Jangan mengurangi kecepatan, kecuali apabila secara taktis hal ini senganja dilakukan.
e. Setelah lewat garis finish jangan berhenti mendadak (mengerem) karena berbahaya (dapat cidera)

Demikian 4 Cara Melewati Garis Finish Lari Jarak Pendek (Finishing Action) dan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melewati garis finish. Semoga cara diatas dapat menambah referensi pembaca dan dapat bermanfaat!


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments