Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 8:04:00 PM

7 Cara Menjaga Kesehatan Otak

No comments:

Cara Menjaga Kesehatan Otak – Otak adalah organ yang sangat penting bagi manusia, otak adalah pusat kontrol atau pusat sistem saraf dari manusia. Otak manusia adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atauneuron. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh.

Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Oleh karena itu terdapat kaitan erat antara otak dan pemikiran. Otak dan sel saraf didalamnya dipercayai dapat memengaruhi kognisi manusia. Pengetahuan mengenai otak memengaruhi perkembangan psikologi kognitif. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.

Otak pada manusia akan selalu terjaga dengan baik apabila kita jaga kesehatannya, karena otak manusia merupakan salah satu organ vital yang ada pada tubuh manusia. Banyak cara yang dapt dilakukan menjaga kesehatan otak diantaranya :

  1. Memberikan makanan yang baik untuk otak
    Lebih dari setengah bagian otak terdiri dari lemak, karenanya lemak sangat dibutuhkan oleh otak untuk mempertahankan ketajaman berpikir dan berfungsi dengan baik.

    Lemak yang dibutuhkan seperti asam lemak omega-3 yang penting untuk fungsi dan perkembangan kognitif otak, serta penggunaan lemak baik seperti minyak zaitun atau minyak canola. Omega 3 banyak ditemukan pada ikan salmon dan ikan sidat.

    Selain lemak, sayuran hijau juga bisa membantu melindungi otak dari penyakit Alzheimer dan demensia (kepikunan). Berdasarkan studi tahun 2009 yang dipublikasikan dalam jurnal Archives of Neurology menunjukkan bahwa bayam dan sayuran hijau lain yang mengandung folat bisa menangkal demensia dan kondisi penurunan kognitif lainnya.

    Makanan dan minuman lain yang bisa meningkatkan kinerja otak adalah blueberry, blackberry, jus anggur ungu, apel, kayu manis dan sayuran seperti brokoli serta kembang kol.


  2. Melenturkan otak
    Dr Gayatri Devi selaku ahli saraf menyarankan masyarakat untuk melakukan aktivitas beragam sehingga bisa merangsang bagian otak lain yang mengarah pada kesehatan kognitif secara lebih baik dan menyeluruh.

    Kegiatan yang bisa dilakukan adalah melakukan sudoku, lalu beralih ke soal matematika, mendengarkan musik klasik, menari, bermain tenis atau bersosialisasi dengan orang-orang. Beragam kegiatan ini akan menjaga otak dengan baik dan melatih otak agar tidak hanya satu bagian saja yang aktif.

  3. Melakukan olahraga
    Sebuah studi dari Universitas Cambridge menyatakan joging beberapa kali dalam seminggu dapat merangsang otak. Dengan berjalan selama beberap hari, ratusan ribu sel-sel otak baru akan tumbuh yang akan berefek pada pembentukan dan ingatan akan kenangan.

    Sehingga dapat meningkatkan kemampuan untuk mengingat kenangan tanpa kebingungan pada tugas-tugas kognitif dan bisa memerlambat kerusakan mental di usia tua.

    Baru-baru ini, para ilmuwan juga menemukan bahwa olahraga juga mampu melepaskan protein yang bernama “noggin”. Protein itu akan bertindak sebagai agen-kontra terhadap protein lain, seperti protein tulang morfogenetik. Sehingga merangsang peningkatan pembagian sel batang otak, otak tetap gesit dan aktif seiring bertambahnya usia.

    Penelitian juga menunjukkan menguatnya produksi “noggin” dapat mencegah penyakit otak yang berkaitan dengan usia seperti Alzheimer.


  4. Hindari Benturan
    Benturan pada kepala dapat berpengaruh pada otak, maka usahakan agar terhindar dari benturan pada otak. Dengan seringnya terjadi benturan pada otak, maka fungsi-fungsi dalam otak pun akan ikut terganggu.

  5. Istirahat yang Cukup
    Istirahata yang cukup baik untuk otak, karena dengan istirahat yang cukup, ketika bangun otak akan terasa lebih fresh dan bekerja optimal. Istirahatkan otak dengan waktu yang cukup, istirah atau tidur yang baik sekitar 8 jam setiap harinya.

  6. Hindari Merokok dan Mengonsumsi Obat-Obatan Terlarang
    Kebiasaan merokok dan mengkonsumsi obat-obatan terlarang akan membuat fungsi otak menjadi menurun, karena kedua bahan tersebut akan merusak fungsi-fungsi syaraf pada otak.

  7. Hindari Berpikir Terlalu Keras
    Berpikir terlalu keras memiliki dampak buruk pada kesehatan otak, efek yang di timbulkan bisa stress atau depresi. Apabila otak sudah terlalu banyak untuk berpikir sebaiknya mencari tempat wisata agar otak fres kembali.
Demikian 7 Cara Menjaga Kesehatan Otak, semoga tips diatas bisa menambah referensi Anda.
Semoga bermanfaat!

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments