Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 1:02:00 PM

Cara Melakukan Gerakkan Lari Cepat (Sprinting Action)

No comments:
Cara Melakukan Gerakkan Lari Cepat (Sprinting Action) - Sprinting Action adalah gerakkan lari cepat (sprint). Lari cepat masuk kedalam lari jarak pendek yang menempuh jark 400 meter

Nomor lari yang termasuk lari jarak pendek adalah semua jenis lari yang menempuh jarak 400 meter ke bawah yaitu : 100 meter, 200 meter, dan 400 meter. Disamping itu ada pula jenis lomba lari yang tergolong lari jarak pendek, yaitu semua jenis lari gawang ( 100 meter, 110 meter, 200 meter, dan 400 meter ) dan lari bersambung atau estafet ( 4 x 100 meter atau 4 x 400 meter ).


Adapun cara melakukan Sprinting Action (lari cepat) adalah sebagai berikut :

A. Gerakkan Kaki

1. Kaki belakang (misalnya kanan) harus benar-benar menolak kedepan sampai lutut terkedang lurus, saat lepas dari tanah harus berakhir pada bagian ujung telapak (jari) kaki.

2. Setelah ujung telapak kaki lepas dari tanah, maka dengan cepat lutut segera di tekuk (lipat) sehingga seolah-olah tumit mendekati pantat (tidak sampai menyentuh). Pengangkatan paha kedepan ini tidak perlu berlampau tinggi (berlebihan), tetapi cukup maksimal saja yaitu kira-kira setinggi pinggul sehingga posisi paha maksimal sejajar dengan tanah.
"Pengangkatan paha yang berlebihan dapat mengakibatkan bandan menjadi tegak dan gerakkan lari kurang laju kedepan, tetapi lebih cenderung melambunag keatas."
3. Setelah paha diayun, segera tungkai bawah di kibaskan dengan cepat dan sejauh mungkin kedepan untuk segera mendarat di tanah. Saat mendarat/berpijak ditanah harus dengan bagian depan/ujung telapak kaki (jari kaki) terlebih dahulu, dalam posisi lutut agak di tekuk. Pengibasan (menyepakkan) tungkai kedepan terjadi setelah kaki belakang menolak kedepan.
"Pada hakekatnya tolakkan keki belakang ke depan itulah yang mengakibatkan badan terdorong/laju kedepan. Itulah sebabnya tolakkan kaki belakng harus dilakukan dengan kuat dan secepat tungkai bawah terus di atun kedepan untuk membuat frekuensi langkah yang cepat pula. Begitu seterusnya."

B. Gerakkan Lengan

1. Gerakkan (ayunan) lengan bersumber pada persendian bahu dan dilakukan dengan cepat sesuai dengan gerakkan kaki.
2. Ayunan kedepan harus lebih aktif dari pada anyunan kebelakang agak serong masuk kedalam (medial), asal tidak sampai meyilang didepan dada.
3. Siku membentuk sudut sekitar 90 derajat, tetapi sudut siku itu secara otomatis akan berubah, yaitu saat terayun kedepsn relatif akan sedikit mengecil dan saat terayun kekelakang akan membesar.
4. Jari-jari tangan setelah mengepal dan rilek, pada saat terayun kedepan kepala tangan tidak lebih tinggi dari kepala.
5. Gerakkan tangan jangan sampai berakibat terangkatnya kedua bahu ke atas.

C. Sikap badan, lehar dan kepala

1. Badan tetap tegap, gagah dan condong kedepan. Condong badan kedepan tidak perlu terlampau berlebihan, apalagi sengaja membungkukkan badan adalah sikap lari sprint yang kurang baik, sengaja membungkukkan badan kedepan justru akan menghambat kedua kaki, terutama pada saat-saat ayunan langkah kedepan.
"Kecondongan yang baik adalah yang wajar, yaitu kecondongan yang timbul akibat adanya dorongan (tolakkan) kaki belakang kedepan yang dilakukan dengan kuat dan betul".
2. Leher, dagu dan bahu tetap rilek, mulut sedikit menganga, jadi gigi (rahang atas dan rahang bawah) tidak terlalu rapat.
3. Sikap kepala tetap wajar, rilek (tidak tengadah atau tunduk), pandangan kedepan sedikit serong kebawah.

Berikut serangkaian gerakakkan lari cepat :



Keterangan :

Gambar 1 = Tungkai bawah di lipat
Gamabr 2 = Paha diayun kedepan
Gambar 3 = Kaki belakang menolak sampai lutut lurus
Gambar 4 = Saat kedua kaki melayang diudara, mendarat dengan ujung kaki terlebih dahulu.
Gambar 5 = Salah satu kaki menepak di tanah
Gambar 6 = Sama dengan gambar nomor 1 melipat tungkai bawah untuk diayun kedepan.
Gambar 7 sampai seterusnya sama dengan gerakkan di atas. Sikap badan tetap tegap dan condong kedepan, gerakkan lengan bersumber pada sendi bahu dan pandangan kedepan.

Demikian Cara Melakukan Gerakkan Lari Cepat (Sprinting Action), semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk pembaca. Terima kasih!


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments