Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 12:48:00 AM

Cara Mengambil Sikap Start Jongkok

2 comments:
Cara mengambil Sikap Start Jongkok ~ Dalam perlombaan lari jarak pendek, sebelum melakukan start jongkok terlebih dahulu memasang start block di belakan garis, jarak antara papan penolak bagian depan dan bagian belakang diatur sesuai jenis start (short, medium,dan long).

Selain mengatur start block jarak antara papan depan dan belakang haruslah diatur sedemikian rupa agar pada saat di pakai berjongkok posisi badan dapat sewajar dan serileks mungkin. Sebelum aba-aba "bersedia" pelari berdiri sekita 3 meter sebelum garis start.

Pelaksanaan setelah aba-aba "bersedia"


1. Segera maju dengan rileks dan tenang dengan penuh keyakinan dan mantap. Saat menempatkan kaki sebaiknya satu persatu, yaitu dengan merangkak mundur dari depan garis satart (start block). Kaki depan terlebih dahulu ditapakkan, kemudian kaki belakang (atau sebaliknya). Setelah kedua telapak kaki berpijak pada start block dan lutut bertumpu pada tanah, kedua tangan di bersihkan sambil sepintas melihat kedepan (kejurusan lari).

Hal ini dimaksudkan untuk menambah ketenangan dan kemantapan batin. Kemudian satu persatu kedua tangan di tanah, kedua siku lurus. Jarak kedua tangan selebar bahu lebih sedikit. Keempat jari hampir/agak rapat menuju kesamping luar, ibu jari terbuka menuju kedalam, dalam hal ini tidak seluruh bagian dalam telapak tangan yang bertumpu di tanah, tetapi cukup ruas-ruas pertama keempat jari dan ibu jari, sehingga ibu jari dan jari telunjuk membentuk huru v terbalik.
"Agar tumpuan tangan lebih kokoh, posisi jari kelingking sedikit ditarik kearah ibu jari (tidak rapat dengan jari manis)"
2. Punggung dan tengkuk agak diangkat, leher rileks, kepala kepala bagian belakang segaris/datar dengan punggun. Jadi posisi kepala tidak nunduk atau tengadah.
3. Pandangan kebawah atau agak kedepan, sekitar 1 meter dari garis start.
4. Pada bagian ini seluruh badan rileks, berat badan di tengah-tengah, perhatian tertuju kepada aba-aba berikutnya ("siap")


Pelaksanaan setelah aba-aba "Siap"


Aba-aba siap ini baru akan di berikan oleh starter, apabila pelari sudah dalam keadaan diam/tenang saat jongkok.

1. Pinggul (pantat) diangkat pelan-pelan keatas, sehingga berat badan sedikit bergeser bertumpu pada kedua tanga, Posisi pinggul harus sedemikian rupa sehingga benar-benar bergerak/terdorong kedepan.
"Apabila pinggul bergerak naik pada saat start di mulai, ,aka berarti posisi pinggul pada saat aba-aba "siap" terlalu rendah. Sebaliknya apabila saat start pinggul bergerak turun, berati sikap "siap" pinggul terlalu tinggi. Karena pihak atlet tidak dapat melihat posisi pinggulnya sendiri, maka pihak pelatih (guru) yang harus memperhtikan atau mengoreksi.
2. Sudah tentu pengangkatan pinggul harus di sertai dengan terangkatnya lutut kaki belakang dari tangah sehingga sudut kedua kaki akan membesar. Dalam hal ini sudut tungkai belakang sekitar 100 derajat sampai 120 derajat.
"Menurut hasil penyelidikan posisi tungkai dengan membentuk sudut sebesar itu dapat menghasilkan gerakkan percepatan yang tinggi".
3. Posisi badan tetap segaris dengan badan walaupun kedudukan kepala lebih rendah dari badan.
4. Pandangan tetap pada tempat semula atau sedikit bergesar kearah garis start. Atau dapat bila sedikit bergeser kedepan dari tempat semula, asalkan tidak mengakibatkan terangkatnya kepala keatas (nongol).
5. Sikap seperti ini harus di pertahankan sejenak sambil berkonsentrasi pada aba-aba berikutnya (yak/bunyi pistol)

Beberapa pendapat mengatakan bahwa lamanya mengangkat pinggul (setelah aba-aba "siap") sampai pada aba-aba "yak/bunyi pistol" sekirat 1,8 sampai 2,2 detik. Namun bagi para pelari maupun starter tidak perlu menghitung jarak waktu tersebut.

Berikut Serangkaian gerak Start Jongkok



Keterangan :

Gambar 1 = Sikap start jongkok (starting potition), setelah aba-aba "bersedia" dengan "short start"
Gambar 2 = Setelah aba-aba "siaap", pinggul diangkat, berat badan sedikit pindah kedepan.
Gambar 3 = Setelah aba-aba "yak/pistol" .............. dan seterusnya, lengan kiri daiayun kedepan, lengan kanan ke belakang. Kaki kanan diayun rendah di depan disertai tolakkan kaki kiri sekuat mungkin (sampai lutut lurus).

Demikan Cara mengambil Sikap Start Jongkok, terimakasih sudah berkunjung di aak-share.com dan semoga bermanfaat!


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

2 comments

terima kasih banyak gan, atas share nya. makin maju teruss.. web-nya :)

Balas

Sama-sma gan,
terimakasih juga gan sudah berkunjung.

Balas