Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 9:13:00 PM

Daun Sukun Untuk Penyakit Kronis

No comments:

Sukun merupakan sejenis tanaman berbuah. Kata Sukun dalam Bahasa Jawa diartikan tanpa biji. Buah sukun dapat dimanfaatkan karena banyak mengandung karbohidrat. Pohon Sukun pada umumnya tinggi dapat mencapai 10-30 meter, Hasil perbanyakan dengan klon umumnya pendek dan bercabang rendah. Batang besar dan lurus, hingga 8 m, sering dengan akar papan (banir) yang rendah dan memanjang.

Sukun berdaun besar-besar yang tersusun berselang-seling, berbagi menyirip dalam, liat agak keras seperti kulit, hijau tua mengkilap di sisi atas, serta kusam, kasar dan berbulu halus di bagian bawah. Selain pada buah, daun sukun dapat dimanfaatkan untuk kesehatan. Menurut penelitian yang telah dilakukan, daun sukun memiliki khasiat untuk mengobati berbagai penyakit kronis, seperti diabetes, kolestrol tinggi, penyakit jantung, hingga gagal ginjal.

Kandungan Daun Sukun
Daun sukun memiliki beberapa kandungan yang dapat menyembuhkan penyakit kronis, dalam daun sukun terdapat beberapa senyawa seperti polifenol, asam hidrosionat, tannin, quercetin dan artoindosionin. Senyawa ortoindonesionin dan quercetin merupakan kelompok senyawa turunan flovonoid yang berfungsi sebagai zat antioksidan dan banyak digunakan sebagai komponen aktif dalam obat-obatan.



Manfaat Daun Sukun untuk penyakit

1. Penyakit Ginjal
Daun sukun dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Selain dapat menurunkan kadar kolesterol darah dan gula darah, dapat juga dijadikan sebagai obat untuk penyakit ginjal karena daun sukun mengandung saponin, polifenol, asam hidrosianat, kalium, asetilkolin, tannin, riboflavin, dan phenol. Kalium membuat batu ginjal berupa Ca-oksalat hancur. Kemudian endapan batu ginjal larut dan keluar bersama dengan urine.

Dengan mengkonsumsi daun sukun secara teratur untuk penderita penyakit ginjal maka akan terlihat perubahan berupa hilangnya pembengkakan dan berkurangnya kandungan protein dalam urine. Bahkan, kandungan protein dalam urine pada beberapa orang testimoni pengguna teh daun sukun menunjukkan nilai yang negatif.

2. Penyakit Jantung
Setelah dilakukan uji khasiat oleh Pusat Penelitian Kimia LIPI bersama dengan pakar peneliti lainnya, ternyata diketahui bahwa ekstrak daun sukun (Artocarpus altilis) mengandung flavonoid dan sitosterol yang berkhasiat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Menurut DR. Tjandrawati M. Ozef dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), menyatakan uji khasiat baik secara in vitro (menggunakan media) maupun in vivo (melibatkan sel hidup) terhadap ekstrak tanaman tersebut telah menunjukkan hasil sangat baik.

Institut Pertanian Bogor (ITB) juga telah melakukan penelitian pada daun sukun. Menurut ITB daun sukun dapat memperlancar asupan oksigen ke jantung. Daun sukun dapat menghambat penyumbatan pada pembulu darah. Daun sukun mampu menurunkan kadar kolesterol darah secara signifikan dan mampu menghambat akumulasi pada dinding pembuluh darah aorta.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah
Beberapa tahun terakhir, penggunaan tanaman obat alami untuk menurunkan gula darah mulai banyak dikembangkan. Sukun termasuk salah satu jenis tanaman yang memiliki efek insulin yang dapat menurunkan gula darah. Penyelidikan ilmiah juga telah mengkonfirmasi khasiat tanaman dalam mengelola kadar gula darah pernderita diabetes. Hasil riset Puspa DN Lotulung, Sofa Fajriah, Andini Sundowo, dan Euis Filaila dari Pusat Penelitian Kimia LIPI menujukkan bahwa senyawa flavonoid dalam daun sukun yang berhasil diisolasi, yaitu 8-geranyl-4,5,7-trihydroxyflavone bersifat sebagai anti diabetes yang kuat.

Khasiat daun sukun sebagai herbal bagi penderita diabetes juga dibuktikan oleh peneliti dari UGM., Nublah, SP. Penelitian tersebut dilakukan dengan menguji pemberian ekstrak daun sukun pada tikus jantan galur wistar yang diberi glukosa monohidrat sehingga mengalamu hiperglikemia. Pemberia 1,35 g guloksa monohidrat per 200 g bobot badan menyebabkan kadar gula darah tikus naik dari 88,96 mg/dl menjadi 173,95 mg/dl.


Cara Penyajian Daun Sukun


Untuk mengkonsusmi daun sukun, ada berbgai cara seperti diseduh seperti teh atau dimasak dengan air.
Cara diseduh :
1. siapkan daun sukun yang sudah dikeringkan
2. kemudian seduh dengan air panas
3. bisa di munum tanpa tambahan gula atau tambahkan madu atau gula batu untuk mengurangi rasa pahit.
4. Bisa di minum saat hangat atau dingin

Cara dimasak :
1. siapkan 1 atau 2 lembar daun sukun yang sudah tua yaitu berwarna kuning kecoklatan.
2. Cuci daun sukun dengan air bersih.
3. masukkan daun sukun dan air ke dalam panci
4. masak hingga mendidih dan air rebusan menjadi sedikit. Misal, air mula-mula direbus dengan 5 gelas air, tunggu hingga air rebusan berkurang hingga 1 gelas.
5. minum air rebusan daun sukun dalam keadaan hangat atau dingin.

Konsumsi Daun Sukun
Mengosumsi daun sukun, cukup satu kali sehari.

Demikian manfaat daun sukun untuk penyakit kronis, semoga artikel diatas dapat menambah referensi Anda dan semoga dapat bermanfaat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments