Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 2:10:00 AM

Gerakan Saat Meninggalkan Garis Start | Starting Action

No comments:
Starting Action adalah gerakkan saat meninggalkan garis start setelah aba-aba "yak/bunyi pistol" sampai kira-kira 6 sampai dengan 9 langkah dari garis start.

Starting Action merupakan salah satu dari empat masalah (Starting potition, Starting Action, Sprinting Action dan Finishing Action) yang perlu diperhatikan dalam lari jarak pendek karena hal ini dapat menjadi pendorong kecepatan dalam lari jarak pendek.


Gerakkannya adalah sebagai berikut :
  1. Tangan kiri dan kaki kanan di gerakkan serentak dan secepat mungkin (hal ini apabila pada posisi jongkok kaki kiri di depan). Bertepatan dengan itu kaki kiri menolak kuat secepat mungkin sehingga lutut benar-benar lurus atau hampir lurus. Dorongan atau tolakkan kaki kiri ini tidak keatas atau kedepan. Sesaat itu pula kaki kanan segera di ayunkan secepat kedepan.

    Langkah pertama kakin kanan ini harus cepat dan cukup jauh menjangkau kedepan, tetapi rendah saja agar segera berpijak ketanah. Dan saat mendarat di tanah posisi lutut sebaiknya membentuk sudut sekitar 90 derajat.
  2. Saat kaki berpijak di tanah, segera di susul kaki kiri dilangkahkan kedepan dengan cepat. Begitu seterusnya gerakkan meluncur kedepan ini dilakukan dengan tetap menjaga keseimbangan dari kecondongan badan kedepan. Saat meluncur ini pandangan sedikit demi sedikit bergeser kedepan.

  3. Gerakkan meluncur kedepan ini (Starting Action) hanya berlangsung beberapa langkah saja dari start (6 sampai 9 langkah). Sesudah itu gerakkan "Starting Action" akan berubah menjadi gerakkan "sprinting action".

Demikian cara melakukan Gerakan Saat Meninggaklan Garis Start (tarting Action), semoga dapat bermanfaat untuk para pembaca.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments