Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 8:38:00 PM

Hal-hal yang Perlu di Perhatikan Pada Lari Jarak Menengah

No comments:
Lari jarak Menengah (Middle Distance) pada prinsipnya sama dengan lari cepat (sprint). Bedanya hanya terletak pada pengaturan tenaga dan kecepatan (pada lari jarak menengah tidak sama dengan lari sprint). Selain itu, perbedaanya juga terletak pada start, pada lari jarak menengah menggunakan start berdiri dan pada lari jarak pendek menggunakan start jongkok.


Nomor lari jarak yang termasuk jarak menengah adalah 800 meter sampai dengan 1500 meter. Beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam lari jarak menengah adalah :

  1. Secara teknis pada dasarnya sama dengan lari cepat (sprint). Jadi gerakkan kaki, lengan, sikap badan, leher dan kepala sama dengan lari jarak pendek (sprint)
  2. Langkah lari relatif panjang/lebar, sedang kecepatan langkah sedang kecepatan langkah sedikit lenih lambat dibanding lari 100 meter, 200 meter, maupun 400 meter (Sprint). hal ini mengingat karena harus mengatur tenaga selama menempuh jarak tersebut.
  3. Saat-saat melewati lintasan tikungan harus berlari sedekat mungkin dengan garis lintasan sebelah kiri/dalam.
  4. pada lari 800 meter, semua pelari pada lintasan luar (II, III dan setrusnya)setelah mereka melewati tikungan yang pertama. Tempat mulai berebut lintasan ini pada dasarnya garis start 1500 meter.
  5. Bagi pelari 800 meter yang mulai berebut lintasan dan bagi para pelari 1500 meter yang baru lepas dari garis start, sebaiknya tidak perlu mendadak masuk lintasan pertama, tetapi cukup lari seorang lurus kearah garis start 200 meter pada lintasan pertama.
  6. menjelang melewati garis finish dilakukan dengan kecepatan penuh (sprint). Kecuali apabila pelari yang bersangkutan sengaja tidak melakukan sprint, karena atas pertimbangan teknis lomba (terutama pada babak pendahuluan ataupun semi final).
  7. Lari 1500 meter dilakukan empat kali melewati garis finish (bila dilakukan dalam stadion)

Gambar serangkaian Lari jarak Menengah :





Keterangan :

pada prinsipnya sama dengan lari cepat (sprint). Bedanya hanya terletak pada pengaturan tenaga dan kecepatan (pada lari jarak menengah tidak sama dengan lari sprint).

Demikian Hal-hal yang Perlu di perhatikan Lari jarak Menengah, swemoga bermanfaat untuk para pembaca.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments