Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 1:47:00 PM

Hal yang perlu di Ingat Pada Lari jarak jauh

No comments:
Hal yang perlu di Ingat Saat Lari jarak jauh - Tinjauan secara teknis dari semua jenis lari jarak jauh (>3000 meter) agak berbeda dengan lari jarak pendek maupun lari jarak sedang. Jarak yang di tempuh pada lari jarak jauh biasanya sekitar 5.000 sampai 10.000 meter di dalam lintasan dan 42.195 meter untuk lari marathon.

Lari jarak jauh menggunakan start yang sama dengan lari jarak menengah yaitu start berdiri. Dan untuk jarak pendek menggunakan start jongkok. Lari jarak jauh diantaranya yaitu lari marathon dan cross country, karena jarak tempuh yang jauh untuk lari jenis ini biasanya di dilakukan di luar lintasan stadion.

Bagi pihak pelari jarak jauh perlunya adanya pengaturan tenaga dan kecepatan yang cermat, karena ketahanan fisik sangat di perlukan pada lari jarak jauh. beberapa hal yang perlu di ingat pada lari jarak jauh adalah :

1. Gerakkan kaki depan saat mendarat ditanah cenderung dengan bagian tumit terlebih dahulu.
Sesungguhnya dengan itu maka sikap badan akan menjadi lebih tegak dibanding dengan lari jarak cepat maupun lari jarak menengah.

2. Langkah kaki lebih kecil dari pada lari cepat maupun lari jarak sedang. Pada lari jarak jauh pengangkatan paha kedepan rendah saja.

3. Semua gerakan kaki dan lengan lebih rilek dari pada lari cepat. Karena pada lari jarak jauh perlunya ada pengaturan tenaga dan kecepatan yang ceramat sesuai dengan jarak yang di tempuh.

4. Selama berlari hendaknya selalu mengambil jalur sedekat mungkin denagn garis lintasansebelah kiri/dalam.

5. sesuai dengan peraturan, apabila pelari akan mendahului pelari lain, harus lewat sebelah kanan, setelah lewat sekitar 3 meter baru bergeser kekiri.

6. Seorang pelari hendaknya jangan lari berdampingan dengan pelari lain, terlebih lagi pada lintasan menikung. Kecuali apabila situasi memang memakasa demikian.

7. Posisi start, dengan satart berdiri. Aba-abanya "bersedia-yak/bunyi pistol".

8. Lomba lari jarak jauh yang dilakaukn didalam stadion, masing-masing pelari akan melewati garis finish sebanyak:

                                                                 Distance running Source image en.wikipedia.org
  • 300 meter dan 3000 meter rintangan (stepple chase)= 8 kali (tempat start 3000 meter pada garis start 200 meter, sedangkan tempat start 3000 meter rintangan tergantung letak bak air. Kalau letak bak air diluar lintsanm maka garis start kira-kira pada pada pertengahan lintasan 100 meter, kalu bak air di dalam lintasan garis start lebih mundur lagi).
  • 500 metr = 13 kali, garis start berada pada start 200 meter
  • 10.000 meter = 24 kali putaran, berarti 25 kali melewati garis finish, karena garis start berada pada garis finish (hal ini apabila keliling lintasan paling dalam tepat 400 meter)
  • Lari 15.000 meter = 4 kali melewati garis finish

Serangkaian gerak lari jarak jauh :


Keterangan :

Gambar 1 & 2 = kaki belakang (kiri) sedikit saja lipat dan terus diayun kedepan tidak terlampau tinggi (tidak setinggi pada sprtint dan jarak menengah)
Gambar 3        = saat kedua kaki melayang di udara
Gambar 4        = Kaki kiri (depan) mendarat dengan bagian tumit terlebih dahulu.
Gambar 5 - 7   = ........... dan setrusnya sama seperti gerakkan diatas.
Gambar 8 - 15 = sikap badan agak tegak (tidak condong seperti sprtint)

Demikian Hal-hal yang perlu di Ingat Saat Lari jarak jauh, semoga dapat bermanfaat untuk para pembaca.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments