Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 7:00:00 AM

Ikan Sidat - Kandungan Gizi dan Manfaat Untuk Kesehatan

No comments:
Ikan Sidat adalah salah satu famili dari Anguillidae dengan nama latin Angulla SP. Ikan sidat yang banyak tersebar di indonesia adalah Anguilla marmorata . Hewan ini memiliki banyak nama daerah seperti ikan uling, ikan moa, ikan  larak, dan ikan pelus. Pergerakan hewan ini terbantu lendir yang melapisi tubuhnya. Hewan ini memiliki kemampuan mengambil oksigen langsung dari udara dan  mampu bernafas menggunakan seluruh bagian kulitnya.


Ikan sidat mirip dengan belut, yang membedakannya sirip dada yang  terletak tepat dibagian kepalanya. Ukuran sirip dada ini relatif kecil dan  sepintas lalu terlihat menyerupai telinga sehingga banyak yang menjuluki  sidat dengan sebutan ikan bertelinga. Ikan ini jika dewasa akan mencapai panjang 160 cm dengan garis tengah kurang lebih 7,5 cm. meskipun  demikian, ukuran sidat yang sangat digemari oleh konsumen adalah 40 cm –  60 cm. Ikan ini adalah ikan nocturnal, mencari makanan pada malam hari dan tidak menyukai cahaya terang.

Namun Ikan sidat tidak terlalu populer di Indonesia dan di beberapa negara lainnya, akan tetapi di Negara-negara maju seperti Jepang, China, Korea dan Eropa, ikan ini terkenal dan dikonsumsi sebagai salah satu sumber makanan sehat. Ikan sidat sebagai salah satu bahan pangan memiliki kandungan gizi  yang memenuhi sejumlah unsur kesehatan. Kandungan vitamin dan mikronutrien dalam ikan sidat sangat tinggi, diantaranya :

Unagi Kabayaki (ikan sidat panggang)
Unagi Kabayaki (ikan sidat panggang) makanan favorit orang Jepang
  1. Vitamin B1 25 kali lipat dari susu sapi
  2. Vitamin B2 5 kali lipat dari susu sapi
  3. Vitamin A 45 kali lipat dari susu sapi
  4. Zinc ( emas otak ) 9 kali lipat dari susu sapi
  5. Asam lemak omega 3 tinggi, 10,9 gr / 100 gr, lebih tinggi dari pada kandungan ikan Salmon.
  6. Gizi tinggi, kaya protein, Vitamin D dan E serta asam lemak amino lemak ganggang, dan asam ribonukleat
  7. Mempunyai rentang salinitas sangat tinggi
  8. Kandungan ikan sidat lebih banyak dari ikan salmon.
    Ikan sidat mengandung DHA (Decosahexaenoic acid, zat wajib untuk pertumbuhan anak) sebanyak 1.337 mg/100 gram sementara ikan salmon hanya 748 mg/100 gram. Sidat memiliki kandungan EPA (Eicosapentaenoic Acid) sebesar 742 mg/100 gram sementara salmon hanya 492 mg/100 gram. 
Pada ikan sidat masih banyak lagi kandungan-kandungan zat terdapat didalamnya. Dengan demikian Anda jangan merasa heran jika di Eropa, Amerika, Taiwan, dan Jepang,  peminat konsumsi ikan sidat cukup tinggi disana.

Manfaat Ikan Sidat Untuk Kesehatan
  1. Menurunkan kandungan lemak jahat dalam darah
  2. Menghindari penyakit aterosklerosis dan mengurangi keletihan
  3. Mendorong terbantuknya lemak fosfat dan perkembangan otak besar
  4. Meningkatkan daya ingat
  5. Memperbaiki sirkulasi kapiler
  6. Mempertahankan tekanan darah normal
  7. Mengobati pembuluh darah otak, rabun jauh dan dekat, glaukoma dan penyakit mata kering karena kelelahan
  8. Meningkatkan imunitas tubuh sebagai antioksidan.
Ikan Sidat memiliki banyak kandungan vitamin, mineral, omega3 dan gizi. Ikan sidat juga baik untuk meningkatkan kecerdasan dan daya ingat anak. Demikian manfaat ikan sidat untuk kesehatan, semoga ulasan diatas dapat menambah referensi Anda dan semoga bermanfaat!

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments