Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 10:44:00 PM

Inilah 14 Tempat Wisata Kuliner Favorit di Bogor

5 comments:
Kota Bogor terletak 60 km dari dari selatan Jakarta ini menawarkan suasana yang menyenangkan dan udara yang sejuk.Kota yang terletak tidak jauh dari kota Jakarta ini  cocok sekali untuk berwisata dengan keluarga. Selain tempat wisata untuk rekreasi, Bogor memiliki wisata kuliner khas Bogor.

Kuliner Khas Bogor memiliki cita rasa yang menarik dan lezat tentunya yang perlu Anda coba, apa saja wisat kuliner di Kota Bogor?

14 Tempat Wisata Kuliner Favorit di Bogor

1. Pizza Kayu Bakar Kedai Kita


Kedai Kita beralamat di Jalan Pangrango Nomor 21 Bogor merupakan salah satu tempat favorit. Tempat ini
menyajikan banyak menu dengan harga relatif murah seperti  nasi goreng, sup buntut, sate ayam, cap cay, fu yung hai, kangkung, ayam goreng mentega, sapi lada hitam, sapo tahu seafood, kerang saus padang, gurame goreng, ikan nila bakar, sampai dengan udang asam manis madu.

Menu unggulan di tempat ini adalah pizza kayu bakar dan mie hot plate. Pizza memiliki tekstur berkulit tipis dan garing dengan keju yang royal, beraroma harum, bercitarasa gurih dan lezat. yang lebih menarik dimasak di tungku kayu bakar sehingga memiliki aroma tersendiri. Satu lagi menu unggulan tempat ini mie hot plate lidah sapi lada hitam, rasanya sungguh menggoyang lidah. Ukuran pizza di Kedai Kita cukup besar terdiri dari 7 potong pizza. Harga pizza kayu bakar Kedai Kita adalah 60.000 Rupiah. Jam buka: 08.00 – 23.00 setiap hari


2. Macaroni Panggang


Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan wisata kuliner yang satu ini yaitu Macaroni Panggang. Macaroni Panggang sudah menjadi salah satu ikon Kuliner Bogor, banyak wisatawan yang bersantap maupun sekedar membeli untuk oleh-oleh khas Bogor. Macaroni Panggang berlokasi tidak jauh dari Rumah Cupcakes & BBQ. Beralamat di Jalan Salak Nomor 24.

Menu yang menjadi favorit di tempat ini adalah Macaroni Panggang, Macaroni panggang sendiri mirip dengan macaroni schootel tapi atasnya kering tertutup keju yang ikut dipanggang, dengan bagian dalam yang lembut perpaduan macaroni dan keju dengan cita rasa yang lezat. Terdapat 3 pilihan macaroni panggang yaitu small, medium, dan large. Selain macaroni panggang, tempat makan ini juga mempunyai pilihan menu lain, di antaranya: ayam panggang, iga panggang, jamur panggang, kerang panggang, otak-otak panggang, nasi goreng, lontong sayur, nasi timbel, salad, dan omelet.


3. Lasagna Gulung


Lasagana gulung ini sering kali jadi incaran saat berkunjung ke bogor. Lasagna Gulung merupakan makanan yang masih termasuk keluarga pasta khas dari italia yang lezat. Lasagna gulung bentuknya unik seperti bolu gulung. Lasagna Gulung memilkiki 4 variasi isi yaitu lasagna gulung tuna, lasagna gulung ayam, lasagna gulung kerang, dan lasagna gulung beef/daging sapi dan pada bagian luar kulit dilapisi saus tomat dengan taburan oregano yang semakin menambah kenikmatannya.

Selain lasagna gulung, restoran ini juga menyajikan menu lainnya seperti nasi goreng, asinan jagung, ikan asin, roll cake, sandwich, bruschetta, cannelloni, salad gulung, siomay seafood, nasi kukus, nasi timbel, bistik tuna, dan juga sup. Restoran memiliki tempat cukup luas, terdapa dua tempat yaitu outdoor dan indoor.


4. Rumah Cupcakes & BBQ


Rumah Cup-Cakes & BBQ terletak di Jl. Sanggabuana No. 4, Bogor. Tempat wisata kuliner ini adalah sebuah cafe bertema putih terkenal dengan Cupcakesnya. Letaknya cukup strategis karena berada di depan jalan raya dan di depan sebuah lapangan membuat banyak pengunjungnya yang datang.

Disini Anda beberapa pariabel pilihan rasa cupcakes yang dapat dipilih di antaranya: strawberry, blueberry, chocolate, red velvet, blue velvet, dan lain lain. Selain cupcakes, tempat wisata kuliner di Bogor ini juga menyajikan: BBQ ribs, roti sosis BBQ, nasi sapi BBQ, nasi rawon, cream soup, omelet, seafood, hingga hidangan penutup.


5. Death by Chocolate & Spaghetti


Death by Chocolate & Spaghetti (DBC) berlokasi di area Taman Kencana Bogor, di Jalan Ciremai Nomor 22. Bertempat di bangunan tua dan tembok yang dominan berwarna hitam dan coklat membuat suasana yang berbeda. Suasana di restoran ini dibuat seram, Anda jangan terkejut jika Anda pelayan lestoran yang tiba-tiba datang berkerudung hitam menutupi sebagian wajahnya seperti hantu.

Death by Chocolate adalah cake coklat mirip brownies tetapi dengan campuran coklat yang lebih banyak. Menu favorit lainnya di tempat ini adalah pancake tengkorak dan pancake sarang laba-laba. Ada juga menu lainnya yaitu puding hati manusia, es bola mata frankenstein, puding coklat, puding bola mata setan, ice fruit caramel, es pisang, mochi ice cream, salad, nasi hitam, cumi lada hitam, dan juga spaghetti bakar.


6. Pia Apple Pie


Pia Apple Pie terletak di Jalan Pangrango Nomor 10, Bogor. Tempat wisata kuliner ini wajib Anda kunjungi. Sesuai dengan namanya tempat wisata kuliner ini menawarkan makanan berupa pie. Pie adalah makanan yang terdiri dari kulit kue kering dan isi yang beraneka ragam.

Menu utama di tempain ini adalah Apple Pie, menu lainnya diantaranya hicken pie, pie crust, chocolate pie, strawberry pie, cheese pie, apple salad, apple fried rice, spaghetti saus apel, pisang bakar, puding karamel, yogurt, dan juga cream soup. Selain pie standar, Pia Apple Pie juga menawarkan pie berbentuk hati. Kebanyakan pelanggang Pia Apple Pie akan membawanya pulang, selain dibawa pulang Anda juga bisa makan di tempat ini karena kedai ini juga asik untuk nongkrong.


7. Asinan Jagung Bakar


Pada umumnya asinan berisi buah dan sayuran, tetapi di Bogor ada asinan yang lain dari pada umumnya. Asinan jagung bakar ini terdiri dari jagung sebagai bahan utama, kemudian jagung tersebut dicampur dengan kuah unik sehingga menciptakan rasa segar yang disertai manis dari jagung. Asinan jagung bakar ini bisa Anda temui di Gang Roda Surya Kencana, Asinan Jagung Bakar ini dijajakan oleh seorang pedagang kaki lima. Biasanya Asinan Jagung Bakar ini buka dari jam 9 pagi sampai dengan jam setengah 6 sore setiap hari.


8. Agri Park


Agri Park  beralamat di Jalan Taman Kencana Nomor 3, Bogor. Taman ini cocok untuk bermain dan belajar karena tempat ini kiat bisa mengajarkan anak-anak belajar ilmu pertanian. Selain untuk belajar, disini juag Anda dapat berwisata kuliner seperti soerabi bohay, saung ngariung, agri cafe, burger queen, sha sha cafe, dan DS corner. Menu yang ada di antaranya: nasi bakar, nasi ayam asap, nasi kalong, gurame goreng, sapi goreng, ayam pepes, cream sup jamur, salad, siomay, pempek, batagor, nasi goreng, mie goreng, bihun godog, kambing bakar, iga bakar, bakso, spaghetti dan jus.


9. Cungkring


Dilihat dari namanya sangatlah unik, Jika mendengar kata cungkring, yang terpikir adalah tubuh tinggi dan kurus kering. Tetapi buka itu yang dimaksud. Cungkring adalah salah satu kuliner khas Bogor yang sudah terkenal. Cungkring merupakan kepala sapi dan kikil yang dimasak dengan menggunakan bumbu kuning, kemudian ditambahkan dengan bumbu kacang dan lontong, selain itu juga Anda dapat menyantap makanan lezat ini dengan  nasi bercampur kelapa parut dan tempe. Wisata kuliner ini Anda bisa ditemui di pasar-pasar tradisional di seluruh Bogor, atau di Jalan Suryakencana. Cungkring biasanya dijajakan sekitar jam 7 pagi, karena kuliner murah meriah ini biasanya sudah habis terjual pada jam 9 pagi.


10. Ayam Goreng Aroma


Ayam Goreng Aroma berlokasi di Taman Kencana. Ayam Goreng Aroma sesuai dengan namanya ayam goren ini beraromakan harum dan memiliki citarasa gurih, sebagai pelengkap disajikan juga lalap dan sambal yang pedas. Makanan ini cukup terjangkau, selain ayam Goreng Aroma terdapat juga menu lainnya sate udang, tumis jamur, bakwan jagung, tutut rebus, tahu, tempe, empal, dan lain lain. Selain di Taman Kencana, cabang Ayam Goreng Aroma juga dapat ditemukan di Jalan Pahlawan, Jalan Ahmad Yani, Jalan Dramaga, dan Jalan Raya Wangun.


11. Waroeng Taman


Waroeng Taman tempat yang asiik untuk bersantai bersama teman atau keluarga. Waroeng Taman memiliki suasana hijau, sejuk dipenuhi tanaman. Tempat ini tidak memiliki dinding hanya terdapat atap (semi indoor) menjadikan suasana Kota Bogor yang sejuk semakin terasa. Waroeng Taman menawarkan menu berupa nasi goreng, bistik, mie ayam, sup iga, puyunghai, gado-gado, pempek, es krim, puding, es buah, dan lain-lain.


12. Bapatong


Bapatong adalah singkatan dari bakso kupat gentong. Makanan ini merupakan ciri khas dari kota Bogor. Penyajian bakso ini sangatlah berbeda dengan bakso pada umumnya, kebanyakkan bakso isinya hanya berisi bakso, mie kuning, atau bihun, di Bapatong ini justru ada potongan dadu ketupat dan potongan dadu iga sapi. Sebagai pelengkap makanan ini cocok sekali bila ditemani dengan es dower yang terbuat dari santan kelapa beku ditambah dengan gula dan irisan buah serta agar-agar. Bapatong dapat ditemukan di Jalan Taman Kencana, Bogor. Harganyapun tidak mahal hanya 15.000 Rupiah.


13. Sop Buah Pak Ewok


Sop Buah Pak Ewok beralamat di Jalan Tunggul Nomor 5, Taman Kencana Bogor. Kedai Pak Ewok berada di kompleks perumahan yang teduh dan rimbun, serta menempati bangunan bernuansa etnis dengan nuansa kayu, bambu, dan atap daun kirai. Jangan heran apabila Anda datang ke kedai ini diakhir pekan karena salalu ramai.

Sop buah pak Ewok terdiri atas potongan buah jambu biji, nangka, stroberi, anggur, melon, semangka, apel, pir, mangga, konyal (semacam markisa), alpukat dan kelapa muda. Kuahnya terdapat beberapa pilihan di antara kuah susu, jeruk, yoghurt, atau durian. harga di Sop Buah Pak Ewok ini sangatlah terjangkau, hanya 8.000 Rupiah saya untuk sop buah biasa, dan 13.000 Rupiah. Tempat wisata kuliner di Bogor ini juga menyediakan batagor, pempek, nasi ayam, nasi timbel, roti goreng, otak-otak, roti cane, siomay, mie ayam jamur, sate ayam, nasi bogana, steak iga bakar, dan juga dim sum.


14. Bir Kocok


Selain Bapatong, terdapa kuliner khas Bogor lainnya yaitu Bir Kocok. Bir Kocok teletak di Gang Aut Suryakencana. Jika mendengar kata Bir, mungkin Anda beranggapan terdapat alkohol didalamnya. Bir Kocok minuman khas Bofor ini tidaklah mengandung alkohol karena terbuat dari rempah-rempah seperti jahe, cengkeh, kayu manis, dan gula aren. Minuman ini disebut Bir Kocok karena proses pembuatannya dikocok hingga berbuih dan berbusa seperti minuman beralkohol kemudian disajikan dengan es batu. Anda bisa menikmati minuman segar ini ditempat dengan harga 3.000 Rupiah per gelas, selain itu juga Anda bisa minum bersama keluarga dirumah dengan harga 10.000 Rupiah per botol.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

5 comments

This comment has been removed by the author.
This comment has been removed by the author.

Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

Balas

di daerah ciampea ada angkringan susu murni, klasik gt model2nya kyk angkringan jogja, kyknya sih buka baru.. makanannya enak2, ada nasi bakar, mie kuah susu, aneka sate, anget2 soalnya d bakar dulu.. susu murninya juga joss.. recomended bgt.. lokasinya di deket polsek ciampea, depan kelurahan benteng persis, sebrang gedung PGRI ciampea.. ga nyesel deh, bikin nagih

Balas

Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Kuliner, menurut saya Wisata Kuliner merupakan tempat yang sangat
menarik juga banyak hal yang bisa dinikmati dalam dunia kuliner.
Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai dunia kuliner
yang bisa anda kunjungi di Dunia Warisata

Balas