Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 1:59:00 PM

Sejarah Lari Marathon

No comments:
Istilah "Marathon" sebeneranya nama sebuah kota atau daerah dari Yunani Kuno (Zaman kerajaan Athena). Seorang perajurit bernama Pheidepides berlari-lari di tempat terjadinya pertempuran di Marathon ke Athena untuk melapor kepada Raja atas kemenangan para perajurit Athena pada pertempuran tersebut. Setelah menyampaikan berita tersebut, perajurit tersebut meninggal dunia. Untuk mengenang kejadian itu, setelah beberapa waktu lamanya diadakan perlombaan lari bagi umum denganb menempuh jarak dari kota Athena ke Marathon atau sebaliknya.

Jarak yang pasti antara Athena - Marathon diperkirakan sekitar 42,195 km. Maka Zaman modern ini jarak yang ditempuh dalam lomba lari marathone adalah 42,195 km. Disamping itu ada pula lomba lari marathone denganmenempuh jarak yang lain lagi, hal ini tergantung dan keadaan (misalnya 30 km, 40 km, 45 km)

     Marathon the Win@image www.dispatch.com

Adapun beberap ketentuan dalam melaksanakan lomba lari Marathone adalah :

Jalan yang dilalui harus datar (tidak naik-turun) dan jalan jalan yang beraspal (jalan raya), Pengukuran jarak, alalt ukur diletakkan 1 meter dari tepi jalan sebelah kiri. Disepanjang route yang di lalui harus diberikan tanda-tanda (arah panah) yang jelas dan mudah dilihat oleh peserta.

Pada setiap 5 km, terdapat pos. Padam setiap post disediakan air minum (dapat air putih, air teh, air garam). Disamping itu perlu pula disediakan air biasa dan air dingin (es) beserta potongan-potongan spon (busa) guna membersihkan tubuh atau mengguyur (menyiram) pelari apabila pelari tersebut memintanya.

Selama di perjalanan keselamatan pelari harus dijaga oleh petugas. Terutama ganguan lalul;intas. Olegh sebeb itu, disamping ada petugas penunjuk jalan, setiap pelari sebaiknya dikawal (tidak boleh mendampingi pelari atau mengawal terlalu dekat). harus pula disediakan tim kesehatan, termasuk mobil ambulance, kendaraan khusus lainya untuk membawa pelari yang jatuh atau sakit di perjalanaan.

Tempat start dan finish dapat didalam stadion atletik ataupun diluar, tergantung kebutuhan. Yang tidak boleh dilupakan oleh peserta, adalah selama diperjalanan tidak dibenarkan mendapat abntuan dari siapapun dan dalam bentuk apapun (kecuali yang sudah disediakan panitia/petugas di setiap post).

Demikan sejarah singkat dan pelaksanaan dan peraturan pada Lari Marathon, semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments