Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 10:36:00 PM

Macam-macam Start Jongkok dalam Atletik

No comments:
Start Jongkok (Crouching start) banyak dipakai dalam lari jarak pendek. Karena dengan posisi berjongkok dapat menimbulkan gerakkan percepatan yang memungkinkan saat pelari lepas dari garis start akan lebih mudah dan cepat dalam meluncur ke depan.

Aba-aba dalam satart jongkok ada tiga tahap yaitu ;"bersedia¾ siap ¾ yak/bunyi pistol". Start jongkok ada tiga jenis, sebagai pedoman dapat di bedakan sebagai berikut :

1. Shot start/bunch start (start pendek)
Pada saat berjongkok lutut kaki belakan berada di depan ujung kaki yang lain, apabila dalam sikap berdiri ujung kaki kaki belakang akan terletak kira-kira di samping tumit atau lakukan telapak kaki kedepan.

Jenis start ini dapat menghasilkan percepatan tinggi, maka banyak pelari kenamaan yang memakainya. Tetapi bagi pemula (anak-anak) biasanya kurang sesuai karena dengan posisi kedua kaki yang saling berdekatan itu, peranan kedua tangan akan terasa lebih berat dalam menahan berat badan, lebih-lebih setelah aba-aba "siap". Itulah sebabnya maka Short start hanya sesuai bagi atlet-altet yang sudah terlatih (senior).


2. Medium Start (start menengah)
Pada saat berjongkok lutut kaki belakang kira-kira berada disamping lekukkan telapak kaki depan. Dalam posisi berdiri, posisi ujung kaki belakang berada sedikit di belakang tumit kaki depan. Para pelari senior masih banyak yang memakai jenis start ini, karena medium start juga dapat menghasilkan percepatan yang cukup tinggi. Bagi pemula biasanya sangat sesuai memakai start ini.

3. Long start (start panjang)
Pada sikap berjongkok lutut kaki belakang berada di samping atau kira-kira segaris dengan tumit kaki depanatau letak lutut lebih mundur lagi. Pada saat berdiri kedua kaki saling berjauhan, yaitu ujung kaki belakang terletak  sekitar dua jangkal dari tumit kaki depan.

Start ini kurang menguntungkan, karena dengan posisi kedua kaki saling berjauhan itu, kurang memberikan percepatan dalam melakukan luncuran kedepan. Pelari yang berkaki panjang (tinggi) biasanya sesuai memakai start ini.

Kembali keulasan sebelumnya, yaitu masalah starting potition maka sehubungan dengan adanya empat macam start dalam Atletik, sebaiknya para sprinters mempergunakan start jongkok. Apakah memakai start pendek, menengah atau start panjang, hal ini tergantung dalam kemampuan para atlet.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments