Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 8:46:00 PM

Nomor Lari - Lari Jarak Pendek

No comments:
Nomor Lari - Lari Jarak Pendek ~ Lari adalah salah satu nomor pada Atletik. Gerakkan lari yaitu masing-masing mengutamakan kaki dan lengan sebagai sumber gerak. Lari merupakan salah satu cabang yang banyak di sukai salah satu jenis lari adalah lari sprint atau lari jarak pendek.

Nomor lari yang termasuk lari jarak pendek adalah semua jenis lari yang menempuh jarak 400 meter ke bawah. Sampai saat ini, sesuai peraturan IAAF dan PASI hanya ada 3 yang biasa di lombakan, yaitu : 100 meter, 200 meter, dan 400 meter.

                           Usain Bolt ( Pelari sprint terbaik di dunia) Source image duniafitnes.com


Disamping itu ada pula jenis lomba lari yang tergolong lari jarak pendek, yaitu semua jenis lari gawang ( 100 meter, 110 meter, 200 meter, dan 400 meter )dan lari bersambung ( 4 x 100 meter atau 4 x 400 meter ).

Sedangkan beberapa unsur yang perlu di perhatikan pada lari jarak pendek  (sprint) antara lain : Speed (kecepatan), explosive power (daya ledak, terutama kaki), strength (kekuatan), koordination (koordinasi gerakkan) flexibility (kelentukan), agility (kelincahan), setamina dan lain-lain.

Agar dalam menempuh jarak tersebut dapat dilakukan dengan secepat mungkin, maka pada jarak pendek perlu memperhatikan 4 masalah, yaitu : Starting Potition, Starting Action, Sprinting Action dan Finishing Action.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments