Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 9:01:00 PM

Pengertian dan Macam-macam Start dalam Atletik | Starting Potition

1 comment:
Macam-macam start dalam atletik | Starting Potition ~ Starting Potition adalah sikap atau posisi badan pelari pada saat akan melakukan start. sehubungan dengan hal ini, maka terlebih dahulu akan di singgung tentang pengertian start pada umumnya.

Posisi badan pada saat melakukan start dalam atletik terdiri dari 4 macam, sebagai berikut :

1. Start berdiri (Standing Start)
Start ini biasanya di pakai dalam lari jarak menengah dan jarak jauh. Aba-aba star berdiri ada dua tahapan yaitu
"bersedia ¾, yak/bunyi pistol".

2. Flaying start (start melyang/berdiri)
Sebelum meninggalkan/lepas dari garis start sudah dalam keadaan berlari. Start ini sering dalam latihan, dimana saat pelari akan melewati garis start sudah berlari. dan tepay melewati garis start stop watch di hidupkan. Start berdiri juga terjadi pada lari sambung, yaitu setiap pada perpindahan tongkat, dimana sebelum menerima tongkat dan sebelum melewati batas wissel zone, penerima sudah dalam keadaan berlari.

3. Clotching start (start berlutut/jongkok)
Sebelum lepas garis start, pelari dalam posisi berjongkok. Start ini biasanya di pakai dalam lari jarak pendek, karena dalam posisi berjongkok dapat memungkinkan saat pelari lepas dari garis start akan lebih mudah dan cepat meluncur kedepan. Aba-aba dalam star jongkok ada tiga tahapan ; "bersedia¾siap ¾ yak/bunyi pistol".

4. Falling start, start dengan cara menjatuhkan badan kedepan (dari sikap berdiri)
Start ini sebenarnya sama dengan start berdiri, hanya pada "start jatuh" sikap permulaan kedua kaki sejajar, kemudian pelan-pelan badan direbahkan ke depan dan disusul melangkahkan kaki. Falling start sering dipakai dalam latihan, tertutama latihan untuk menguasai teknik lari cepat (sparinting action)

Demikian Pengertian dan Macam-macam start dalam atletik, semoga dapat bermanfaat untuk pembaca.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

1 comment

This comment has been removed by the author.