Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 6:16:00 PM

Teknik Lari Halang Rintangan

No comments:
Teknik Lari Halang Rintangan ~ Sebelumnya kita singgung lari jarak jauh dan untuk melngkapi uraian tersebut kali ini akan kita singgung lari halang rintangan. Lari halang rintangan (stepple chase) atau lari 3000 meter.

Jenislari ini dilaksanakan didalam stadion. Selama berlari pihak atlet  harus melewati rintangan dalam bentuk dan jumlah tertentu.

1. Bentuk rintangan :
- Pagar atau gawang besar sebanyak 4 buah dipasang pada lintasan
- Kolam/bak air. Pada tepi kolam dari arah datangnya pelari dipasang pagar
- bentuk dan ukuran pagar/gawang dapat dilihat pada uraian alat-alat dan lapangannya.

2. Jumlah melewati rintangan:
- Gawang/pagar pada lintasan sebanyak 28 kali
- Kolam air sebanyak 7 kali

3. Unsur-unsur penentuan
Pelari 300 meter rintangan sebaiknya pelari jarak jauh. Biasanya pelari 5000 meter atau 10.000 meter dapat merangkap jenis lari rintangan. Tetapi tidak berari bahwa semua pelari jarak jauh akan mampu menjadi pelari 3000 meter rintangan. Karena teknik melewati rintangan perlu mendapat perhatian khusus, jadi unsur-unsur atau faktor yang menentukan pada lari 3000 meter rintangan diantaranya:
a. Daya tahan/ausdauer
b. Teknik melewati rintangan
c. Kecepatan
d. Takti berlomba

                                 Melewati rintangan kolam/bak air


4. Teknik melewati rintangan


a. Cara melewati gawang/pagar yang berada dilintasan dapat dilakukan seperti lari gawang pada umumnya atau salah satu kaki berpijak dahulu pada bidang atas, disusul kaki lain langsung melangkah dan mendarat ditanah. Cara ini kurang menguntungkan karena dapat menghambat kecepatan lari. Jadi yang paling baik dan menguntungkan adalah seperti lari gawang yang langsung melompati gawang tanpa berpijak pada gawang/pager.



b. Cara melewati pagar dan kolam air harus dilakukan dengan memijakkan salah satu kaki terlebih dahulu pada bidang atas gawang, kemudian disusul kaki yang lain dilangkahkan jauh kedepan untuk mendarat sedekat mungkin pada tepi kolam, agar kaki dan badan tidak banyak terkena air. Mendarat semakin dekat dengan pagar akan semakin banyak terkena air (disitulah terletak dasar kolam yang semakin dalam)

Demikian Teknik Lari Halang Rintangan (stepple chase) atau lari 3000 meter dan unsur-unsur yang perlu dilewati pada lari halang rintang.

Semoga bermanfaat!

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments