Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 11:27:00 AM

Teknik Melakukan Lari Gawang

No comments:
Teknik Melakukan Lari Gawang - Lari gawang termasuk dalam nomor lari jarak pendek (sprint), start yang di gunakan adalah start jongkok. Dalam lari gawang ada dua hal yang perlu di perhatikan, yaitu saat melewati gawang dan saat berlari diantara gawang.


Teknik Melewati Gawang
Melewati gawang dengan berlari cepat/sprint adalah suatau gerakkan yang cukup sulit dilakukan. Oleh karena itu, untuk menguasai teknik melewati lari gawang perlu memperhatikan beberapa unsur, diantaranya : keberanian, kecepatan, koordinasi, kelincahan, kelentukan, stamina dan lain-lain.

Disamping unsur-unsur tersebut diatas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melewati gawang :

1. Kedudukkan badan/kaki harus serendah/sedekat mungkin dengan sisi atas gawang. Semakin tinggi dari gawang akan semakin rugi,karena terlalu lama melayang di udara.
2. Sikap badan condong kedepan. Namun hal ini tidak mutlak, karena bagi pelari yang bertubuh tinggi dan berkaki panjang tidak perlu secara berlebihan mencondongkan badan kedepan. Lebih-lebih apabila gawang itu cukup rendah baginya
3. Kecepatan lari harus di perhatikan
4. Jumlah langkah diantara gawang sebaiknya tetap.

Sedangkan cara melewati gawang adalah sebagai berikut (misalnya saat bertumpu dengan kaki kanan, kaki kiri sebagai kaki ayuanan):
  1. Sebelum melewati lari gawang kecepatan lari dipertahankan/ditambahkan.
  2. Pada saat kaki kanan menolak, maka kaki kiri (terutama paha) diangkat cukup tinggi kedepan sikap lutut di teku, sehingga tungkai bawah terlipat rilek.Setelah kaki kanan lepasa dari tanah, lutut segera diluruskan kedepan dengan sikap telapak kaki menuju keatas, lengan kanan di julurkan kedepan lengan kiri , diayun secara wajar kebelakang, sikap siku tepat ditekuk rilek. bvadan condong kedepan, pandangan. pada saat itu pula kaki kanan mulai ditekuk pada lutut, paha dibuka kesamping kanan dengan telapak kaki menuju kesamping luar.
  3. Saat badan melayang diatas gawang (hanya sekejap), badan, tetap condong kedepan. kaki kiri masih lurus kedepan, lutut kanan di tekuk 90 derajat, paha dan telapak kaki kesamping luar, lengan kanan terjulur kedepan , lutut kiri kebelakang ditekuk rilek.
  4. Saat badan bergerak turun, kaki kiri harus harus ditekan kebawah untuk secepatnya berpijak ditanah dengan bagian ujung telapak kaki terlebih dahulu. Saat itu pula paha kanan ditarik dan dilangkahkan kedepan cukup jauh, lengan kanan di ayun kebelakang.
  5. Setelah kaki kanan melangkah dan mendarat di tanah, segera disusul kaki kiri melangkah kedepan untuk melakukan gaerakkan lari sprint, sambil mulai mencurahkan perhatian pada gawang berikutnya (terutama pada lari gawang 100 m dan 110 m)
Beberapa hal yang perludi perhatikan dalam lari gawang :
1. Menjelang melewati gawang kecepatan lari jangan di kurangi
2. Titik tumpu saat melewati gawang jangan terlalu dekat atau terlalu jauh dari gawang
3. Saat mengayun kaki ayun harus benar-benar kedepan (jangan masuk ataupun jangan diayunkan kesamping luar)
4. Usahakan badan condong kedepan saat melewati gawang, hal ini agar segera otomatis kaki belakang akan terangkat keatas. sehingga terhindar dari sentuhan gawang.
5. Saat di gawang telapak kaki tumpu harus dibuka kesamping luar. Hal ini agar telapak kaki tumpu/kaki belakang tidak menyentuh gawang
6. Jangan rentangkan kedua lengan pada saat diatas gawang
7. Saat melewati/di atas gawang jangan melihat kebawah.
8. Setelah melewati gawang langkahkan kaki tumpu jauh kedepan.

Serangkaian gerakkan Lari Gawang :



Keterangan :

Gambar 1&2 = Dengan tumpuan kaki kanan, kaki kiri diayun cepat kedepan, lengan kanan di julurkan rilek kedepan, badan juga condong kedepan.
Gambar 3      = paha dan lutut kanan dibuka ke sisi luar/samping. Telapak kaki menuju keluar.
Gambar 4      = Posisi badan saat di atas gawang
Gambar 5      = Sebelum kaki kiri mendarat, kaki kanan ditarik cepat dan terus dilangkahkan kedepan
Gambar 6      = Saat melangkahkan kaki kanan kedepan, siku kanan masih di tekuk.

Demikian Teknik Melakukan Lari Gawang, semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca.


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments