Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 1:18:00 AM

Wisata Indah Danau Toba Sumatera Utara

No comments:
Danau Toba terletak di Sumatera Utara merupakan salah satu danau vulkanik memiliki luas 1.145 kilometer persegi, berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Danau Toba juga merupakan danau terluas di Asia Tenggara yang memiliki kedalaman 450 meter ini juga menjadi danau terdalam di dunia.

Danau Toba terbentuk setelah letusan gunung berapi dasyat pada ribuan tahun yang lalu. Letusan gunung ini sangat luar biasa sampai debu vulkanik yang dihasilkannya bertebaran hampir ke seluruh belahan dunia dan menyebabkan kematian massal, mengurangi 60% dari jumlah manusia saat itu. Selain itu, menurut para peneliti, letusan ini juga mempengaruhi iklim dan cuaca sehingga bumi memasuki zaman es.

Danau Toba
Danau Toba

Pada letusan tersebut membetuk kaldera kemudian terisi oleh air dan menjadi yang sekarang dikenal sebagai Danau Toba. Kemudian terdapat tekanan ke atas oleh magma yang belum keluar menyebabkan munculnya Pulau yang dikenal sekarang Pulau Samosir.

Pulau Samosir berada di tengah Danau Toba. Pulau Samosir memiliki dua danau kecil yaitu Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni. Pulau Samosir menjadi tempat tinggal suku Batak Samosir dan merupakan pusat dari kebudayaan Batak, penduduk masih memegang teguh kepercayaan dengan menjalankan semua ritual yang dilakukan nenek moyang terdahulu. Di Pulau Samosir terdapat dua desa yang banyak dikunjungi wisatawan yaitu Tomok dan Tuktuk. Tomok merupakan desa yang memiliki banyak objek wisata menarik seperti Makam Raja Sidabutar, museum Batak dan pertunjukan boneka Sigale-gale.

Pertunjukan kesenian tarian boneka Sigale-gale
Pertunjukan kesenian tarian boneka Sigale-gale
Boneka Sigale-gale yang terbuat dari kayu yang menyerupai manusia, pertunjukan Sigale-gale dimainkan pada saat adanya kunjungan pariwisata. Pertunjukan kesenian berupa tarian boneka Sigale-gale sudah sangat langka. Jumlah boneka Sigale-gale pun tinggal beberapa saja. Menurut kepercayaan di masyarakat Batak bahwa untuk membuat boneka Sigale-gale, sipembuat harus menyatu jiwanya pada boneka kayu buatannya itu agar si boneka bisa bergerak seperti hidup. Berbeda dengan Tomok, Tuktuk adalah desa di mana terdapat banyak penginapan untuk wisatawan.

Danau Toba mempunyai daya Eksotis yang tinggi, memiliki keindahan, Suasana sejuk menyegarkan, hamparan air jernih membiru, dan pemandangan memesona pegunungan hijau. Danau Toba menjadi salah satu tujuan wisata terbaik dan terpopuler di Indonesia. Tempat dimana Anda dapat melakukan berbagai macam kegiatan untuk menikmati keindahan alam seperti mendaki gunung, berenang, mengenal sejarah dengan ketempat pemakan tradisional, berendam di pemandian air hangat atau berperahu layar. Tempat wisata ini cocok sekali untuk bersantai.

Pemakaman tradisional Masyarakat Danau Toba
Pemakaman tradisional Masyarakat Danau Toba
Bagi masyarakat Batak yang berada di sekitar lokasi danau ini, Danau Toba bukan hanya tempat wisata alam yang memiliki keindahan luar biasa. Mereka percaya bahwa Danau Toba menjadi tempat bersemayamnya tujuh dewi suku Batak atau yang biasa disebut dengan Namborru. Setiap kali akan melakukan kegiatan di sekitar danau, masyarakat akan berdoa dan meminta izin terlebih dahulu agar acara mendapat berkah dan dapat berjalan dengan lancar. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang kehidupan dan masyarakat Batak, kunjungilah desa tradisional Jangga penghasil kain ulos yang berjarak sekitar 24 km dari Parapat. Di tepi Danau Toba juga terlihat Wisma Soekarno, tempat Presiden pertama Indonesia diasingkan, dengan desain bangunan yang dicat warna putih terlihat megah.

Danau Toba juga menyimpan cerita rakyat yang dipercaya sebagai asal mula terbentuknya danau ini. Singkat cerita, di wilayah Sumatera hiduplah seorang petani yang sangat rajin bekerja. Ia hidup sendiri sebatang kara. Pada suatu hari petani tersebut pergi ke sungai di dekat tempat tinggalnya, ia bermaksud mencari ikan untuk lauknya hari ini. Kemudian dia mendapatkan ikan namun ikan ini berbeda dengan yang lain, karena ikan yang didapatkannya sangat besar dan cantik sekali ternyata ikan tersebut adalah seorang putri yang telah dikutuk.

Setelah beberapa lama mereka menikah, akhirnya kebahagiaan Petani dan istrinya bertambah, karena istri Petani melahirkan seorang bayi laki-laki. Anak mereka tumbuh menjadi anak yang sangat tampan dan kuat yang diberi nama Samosir.

Hingga suatu hari anak petani tersebut mendapat tugas dari ibunya untuk mengantarkan makanan dan minuman ke sawah di mana ayahnya sedang bekerja. Tetapi tugasnya tidak dipenuhinya. Semua makanan yang seharusnya untuk ayahnya dilahap habis, dan setelah itu dia tertidur di sebuah gubug. Si Petani oun marah dan tanpa sadar telah mengucapkan kata pantangan dari istrinya.

Danau Toba
Danau Toba
Setelah petani mengucapkan kata-kata tersebut, seketika itu juga anak dan istrinya hilang lenyap tanpa bekas dan jejak. Dari bekas injakan kakinya, tiba-tiba menyemburlah air yang sangat deras. Air meluap sangat tinggi dan luas sehingga membentuk sebuah telaga. Dan akhirnya membentuk sebuah danau. Danau itu akhirnya dikenal dengan nama Danau Toba.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments