Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 8:44:00 PM

Dasar - dasar Aktivitas Dalam Senam

No comments:
Aktivitas Dasar Dalam Senam ~ Kita sadar bahwa perkembangan seorang anak tidak dapat dipisahkan dengan gerak dan lingkungan. Spontanitas dan kreativitas si anak berkembang bersamadengan perkembangan lingkungan sekitarnya, mereka mencontohkan dan menirun apa yang mereka lihat disekitarnya. Melalui lingkungan si anak akan belajar merasakan serta mengalami apa yang dilakukan dan apa yang diterimanya. Dengan demikian mereka akan belajar sebab akibatnya.


Semakin banyak mereka bergerak dan semakin sering mereka melakukan tindakan yang sama, mereka akan merasakan adanya sesuatu model dan bentuk gerakkan yang telah menjadi miliknya. Model gerakka itu memenag msih terbatas pada gerakkan motorik sehari-hari, yaitu kegiatan yang bersifat :

1. Berbaring
Dapat diartikan berbaring lambung. Berbaring pada satu sisi samping sebagian alas kaki rapat, tangan yang lurus kebawah, lurus merapat sehingga tangan lainnya merapat disam,ping badan,

2. Duduk dan berkunjur
Duduk dengan kedua kaki lurus rapat kedepan batang badan tegak dan merupakan garis lurus. Pandangan lurus kedepan, kedua tanngan boleh lurus kedepan/ke belakang menapak di lantai.

3. Jongkok dan mencekung
Berdiri pada kaki ditekukkan, pantat hampir menyentuh tumit, sedang badan tegak pandangan kedepan, kedua tangan lurus disamping badan.

4. Berdiri
a. Berdiri kaki tidak rapat betul,kira-kira berjarak satu kepal. Kedua tangan lurus disamping badan merapat, kedua kaki sejajar lurus kedepan

b. berdiri kaki rapat, berdiri dengan kedua kaki rapat, telapak kaki sejajar lurus kedepan kedua tangan merapat di badan

5. Menarik
Badan tegak dengan posisi menghadap/membelakangi badan, berusaha mmindahkan beban kearah depan badan.

6. Mendorong
Badan tegak dengan kedua tangan berusaha memindahkan berat badan kearah depan.

7. Bergantung
Badan tegak tangan berpegangan pada suatu pegangan dengan mengangkat badan. Titik kekuatan pada kedua tangan yang berpegangan.

8. Mengangkat
Badan,tegak, posisi mengambil suatu beban sehingga badan terkena berat badan.

Model ini akan terus bekembang sesuai dengan proses perkembangan fisik maupun pengamatanya seperti :

1. Berjalan
Posisi badan dalam tegak, pandangan lurus kedepan kaki melangkah satu kaki menapak ditanah dan kaki yang lainnya melayang.

2. Lompat dan loncat
a. Lompat : Badan tegak, menolak dengan tumpuan satu kaki.
b. Loncat  : Badan tegak, menolak dengan tumpuan kedua kaki.

3. Berlari
Sikap badan agak condong, kaki keduanya ada pada saat melayang bersama-sama di atas tanah. Tangan agak ditekuk kurang dari 45 derajad.

4. Merangkak
Kedua tangan dan kedua lutut kaki untuk bertumpu, batang badan horizontal dengan kaki bawah tampak lurus ke atas.

5. Mengguling
Badan tegak langsung dibungkukkan, kedua tangan menumpuk, batang di lantai, mengguling dengan tumpuan tengkuk sebelah bawah.

6. Memanjat
Membawa berat badan dari titik yang lebih tinggi dengan bantuan kedua kaki.

7. Melompat
Gerakkan sebelah tangan yang berporos pada lengan bahu atau sendi bahu.

Kegiatan dasar akan memberikan suatu gambaran bahwa, si anak telah memiliki kesiapan beradaptasi dengan lingkungan, yang akan banyak membantu dan memberikan kemudahan bagi si anak untuk selsalu siap menghadapi lingkungannya. Apakah itu berkomunikasi dengan orang lain (sosialisasi) dengan alat atau dengan gerakkannya sendiri.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments