Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 8:55:00 PM

3 Teknik Dasar Memegang Peluru ( Tolak Peluru )

No comments:
Cara Memegang Peluru dalam Atletik ~ Tolak Peluru termasuk kedalam nomor lempar dalam olahraga atletik. Dalam tolak peluru terdapat beberapa teknik, hal ini menyangkut beberapa segi dalam tolakkan agar mendapatkan teknik tolakkan yang betul dan hasil tolakkan yang maksimal.


Salah satu teknik yang perlu dikuasai dalam Tolak Peluru adalah cara memegang peluru, ada tiga macam cara memegang peluru :

  1. Peluru tepat diletakkan tepat pada dataran telapak tangan, ibu jari dan keempat jari lainnya merenggang seenaknya (wajar dan rileks). Cara ini sangat mudah, tetapi kurang menguntungkan, karena saat menolak pergelangan tangan dan jari-jari kurang berfungsi untuk melecutkan peluru.
  2. Seperti cara pertama, tetapi perlu agak digeser keatas sehingga titik berat perlu terasa pada ujung telapak tangan, yaitu kira-kira pada pangkalan jari telunjuk, jari tengah dan jari manis, ibu jari menahan dan sedikit menahan pada peluru, sedangkan jari kelingking menahan secara wajar saja.
    "Cara ini lebih baik dari pada cara yang pertama, karena pergelangan tangan dan jari-jari akan ikut berfungsi melakukan lecutan saat peluru ditolakkan (bagi pemula termasuk anak-anak sekolah sangat sesuai memakai cara ini".


  3. Seperti cara yang kedua, tetapi peluru lebih digeser keatas lagi, sehingga titik berat peluru perlu berada pada ruas-ruas jari telunjuk, jari tengah dan jari manis. Cara ini sebenarnya paling menguntungkan, karena jari-jari dan pergelangan tangan lebih banyak berfungsi untuk melecutkan peluru. Tetapi cara ini hanya sesuai bagi atlet-atlet yang jari-jari tangannya kokoh-kuat.

Demikian Cara Memegang Peluru dalam Atletik, semoga bermanfaat untuk para pembaca.


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments