Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 2:50:00 PM

Gaya Guling Belakang Lompat Tinggi

No comments:
Gaya Guling Belakang Lompat Tinggi - Gaya Guling Belakang (Belanda : Rugschaar). Kapan dan oleh siapa gaya ini diciptakan, sulit diketahui dengan pasti. Ditinjau dari letak titik berat badan pada saat melewati mistar, gaya ini memang menguntungkan. Karena saat diatas mistar posisi badan terlentang. Sehingga jarak antara titik berat badan dengan mistar tidak terlalu jauh. Gaya guling belakang memiliki analisa gerakkan sebagai berikut :

                                                  Gaya Guling Belakang@image www.allthingsworkplace.com

Awalan
Arah awalan dari depan hampur tegak lurus dengan mistar.

Tumpuan
Berhubung arah awalan dari depan, maka sulit ditentukan kaki mana yang terdekat dan terjauh mistar. Saat bertumpu (misalnya kaki kiri), kaki bebas (kanan) diayun lurus kebelakang kedepan atas meyilang mistar.

Melayang
Setelah kaki tumpu (kiri) lepas dari tanah, kaki kanan diayun kedepan, saat kaki kanan melewati mistar, disusul kaki kiri diayun diatas, posisi badan mulai dicondongkan kebelakang. Setelah badan diatas mistar, kaki kanan di ayun kebawah, sedang kaki kiri diayun diatas (keduan kaki saling menyilang/mengguling). Saat itu pula perut pinggul didorong ke atas, dengan posisi badan menyilang dan membelakangi mistar (terlentang).

Pendaratan
Mendarat dengan kaki ayun (kanan) terlebih dahulu. Sikap badan tegak membelakangi mistar.

Secara teknis kelemahan gaya guling belakang hampir sama dengan gaya guling samping. Kecuali posisi terlentang diatas mistar suatu kelebihan/kebaikkan dari gaya Rugschaar.

Demikian Gaya Guling Belakang Lompat Tinggi, semoga bermanfaat untuk para pembaca.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments