Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 5:23:00 PM

Gaya Jalan di Udara pada Lompat Jauh

No comments:
Gaya Jalan pada Lompat Jauh ~ Gaya jalan diudara (walking in the air), disebut juga gaya "lari "diudara (runing in the air) atau gaya "menyepak dengan hentakkan (high kick)" dan sering pula disebut gaya melangkah diudara (stride in the air).


Gaya jalan ini lebih sulit dibandingkan gaya jongkok maupun gaya sneper. Oleh sebab itu gaya lari diudara ini hanya sesuai bagi para pelompat yang sudah berpengalaman (senior). Bagi pemula juga bisa diberikan gaya jalan ini, tetapi hrus melalui proses yang agak lama.Adapun gaya jalan diudara adalah sebagai berikut :

Gaya Jalan di Udara (bertumpu dengan kaki kanan)
  1. Setelah kaki kanan bertumpu dan kai kiri diangkat kedepan (terutama bagian paha), maka pada saat badan mulai melambung (kira-kira menjelang mencapai titik ketinggian) kaki kiri tadi digerakkan kembali kebelaknag dan kaki kanan diayun kedepan.
  2. Pada saat lambungan mencapai titik ketinggian, kaki kiri digerakkan/diayun kembali kedepan sehingga sejajar dengan kaki kanan.
  3. Kemudian pada saat badan bergerak turun kedua kaki diluruskan kedepan, badan membengkok dan kedua lengan dijulurkan kedepan, siap untuk melakukan pendaratan sebaik-baiknya.
Selama kedua kaki bergerak kemuka dan kebelakang (berjalan diudara), kedua lengan harus digerakkan pula secara wajar untuk mengimbangi gerakkan kedua kaki.
Perlu diketahui, bahwa setelah kaki lepas dari tanah dan selama badan melayang diudara, setiap gerakkan yang dilakukan selama melayang itu tidak akan berakibat menambah jauhnya lompatan, baik dengan sikap jongkok, melenting maupun berjalan diudara.

Pada hakekatnya hanya untuk mempertahankan/mengatur keseimbangan badan saja agar pendaratan dapat dilakukan dengan baik. Sebaliknya, bila gerakkan itu dilakukan tidak sengaja betul, justru akan mengurangi jauhnya lompatan.


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments