Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 4:52:00 PM

Gaya Tegak dalam Lompat Jauh

No comments:
Gaya Tegak dalam Lompat Jauh ~ Gaya Tegak dalam lompat jauh disebut juga gaya sneper, gaya lenting pula atau juga disebut gaya bergantung (hang style). Analisa gaya tegak dalam lompat jauh sebagai berikut :


Gaya Tegak (sneper/lenting) dalam Lompat Jauh bertumpu dengan kaki kanan.
  1. Setelah kaki kanan bertumpu, maka kaki kiri diangkat kedepan seperti pada gaya jongkok
  2. Kedua lengan diayun kedepan
  3. Pada saat kaki kanan lepas dari tanah atau balok tumpuan badan mulai melayang diudara, kaki kiri yang sudah terayun kedepan tadi segera diayun kebelakang kembali sehingga sejajar dengan kaki kanan.
  4. Menjelang pada titik ketinggian kedua kaki (terutama bagian paha) bersama-sama diayun kebelakang dalam posisi kedua lutut agak ditekuk, rilek dan wajar, badan membusur kedepan (ditegakkan atau melenting) kedua tangan diayun kedepan atas (dapat pula diayun kesamping bawah), pandangan kedepan atau serong atas.
  5. Kemudian saat badan mulai bergerak turun, kedua kaki diayun dan diluruskan jauh kedepan.
  6. Perhatian dipusatkan pada pendaratan
Jadi pada saat badan meluncur kebawah sikap badan, kaki dan kedua lengan hampir sama dengan gaya jongkok.
Perlu diingat, bahwa saat melenting/sneper/membusur tidak perlu dilakukan dengan tenaga yang berlebih. Melentig dengan tenaga yang berlebihan justru menghambat gerakkan mencondong badan dan mengayun kaki dan kedua lengan kedepan saat akan melakukan pendaratan.

Jadi saat melenting cukup dilakukan dengan sedikit tenaga, mulus dan wajar saja. Karena maksud gerakkan melenting ini pada dasarnya hanya menjaga keseimbangan badan dan persiapan melakukan pendaratan sebaik-baiknya.


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments