Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 12:46:00 AM

Gerakan Keseluruhan Gaya Kupu-kupu (gerakan tungkai, lengan dan nafas)

No comments:
Gerakan Keseluruhan Gaya Kupu-kupu adalah rangkaian gerakan tungkai, lengan dan pengambilan nafas. Berikut ini gerakan keseluruhan gaya kupu-kupu yang di ilustrasikan dengan screnshot atau gambar :

Gambar : Koordinasi gerakan tungkai, lengan dan nafas

Beberapa kesalahan yang sering terjadi pada gaya kupu-kupu dan cara perbaikannya :

a. Pengambilan nafas terlalau dini
Memberikan pelajaran gaya kupu-kupu kepada mereka yang baru belajar, seringkali diberikan cara pengambilan nafas lebih awal. namun sering terjadi resiko kesalahan gaya kupu-kupi dengan ambil nafas terlalu dini. Lebih dari itu sebagai akibat sampingan, sikut akan lebih cepat bergerak kedepan dibandingkan lengan bagian bawah.

Penanggulangan :
Untuk pemula agar melatih ambil nafaslebih awal tidak terlalu lama diberikan, segera diubah hingga cara mengambil nafas yang sebenarnya dianjurkan yaitu saat akan mulai melakukan dorongan.

Ambilah nafas setelah kedua tangan mengayun atau melakukan sapuan kedalam hingga kedua telapak tangan siap melakukan dorongan pada posisi ujung-ujung jari menunjuk lurus kedalaam kolam.

b. Kepala lebih lambat masuk permukaan air dibanding lengan
Bentuk kesalahan ini sering terjadi sebagaai akibat dari kurangnya lentukkan bagian kepala yang bersangkutan, sehingga kedua tangan masuk permukaan air, kepala menjadi terlambat masuk.

Penanggulangan :
Gunakan pull-buouy dikepit diantara kedua paha, lekukan gerakan tangan, dan usahakan agar sikut membengkok dan melakukan tarikan dibawah air hingga sudutnya kira-kira mencapai 90 derajad.

c. Ambil nafas terlambat
Karena keterlambatan ambil nafas, kedua tangan sudah mengakhiri dorongan, baru memaksa untuk menaikkan kepala mengambil nafas. Pada posisi ini terlalu sulit kepala dapat terangkat keatas permukaan air. Pengaruh dari ini singkronisasi gerak sulit tercapai.

Penanggunangan :
lakukan upaya penanggulangan yang dilakukan pada poin (b).
Gunakan pull-buouy dikepit diantara kedua paha, lekukan gerakan tangan, dan usahakan agar sikut membengkok dan melakukan tarikan dibawah air hingga sudutnya kira-kira mencapai 90 derajad.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments