Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 7:12:00 PM

Gerakan Tungkai Renang Gaya Punggung

No comments:
Gerakan Tungkai Renang Gaya Punggung - Pada prinsipnya gerakan kaki pada gaya ini seperti gaya bebas dengan sumber gerak pada pangkal paha. Gerakkan kaki pada gaya punggung harus seimbang dengan putaran tubuh pada porosnya.

Saat kaki bergerak keatas permukaan air, agar diperhatikan bahwa gerakan itu bukan akibat lutut yang ditarik keatas hingga dapat menendang dan melecut membentuk sudut pada lutut sebagai akibat turunnya tungkai kaki kebawah.


Irama kaki gaya punggung utuk jarak 200 meter akan lebih dalam dibanding yang akan turun di nomor 100 meter. Sebagai patokan saat tungkai bawah turun, maka jarak dari permukaan air adalah 30-40 cm .

Daya lentuk pergelangan kaki pada gaya ini mempunyai peran yang sangat menentukan untuk melakukan dorongan maju. Hasil luncuran (dorongan) dari gerakan kaki gaya punggung terjadi pada pukulan kaki keatas, yang merupakan kebalikan dari gaya crawl.

Pada pukulan kaki keatas lutut agak ditekuk dan pukulan kebawah lutut lurus. Pada waktu lutut ditekuk, lutut tidak boleh keluar dari permukaan air, karena gerakan ini kurang efektif.

Gambar : Gerakan tungkai gaya punggung

Bebarapa Bentuk Latihan
  1. Dikolam dangkal ; membelakang dinding, kedua tangan memegang dinding atau parit kolam untuk mengambil sikap terlentang. Lakuakn gerakan naik turun dengan sumber tenagan dari pangkal paha mengarah lurus.
  2. Dikolam dalam ; menggunakan papan latihan, dimana kedua tangan memegang papan sikap lurus diatas kepala. Apabila cara ini telah mempu dikerjakan dengan baik, lanjutkan dengan memegang papan latihan tetap lurus diatas kepala, tetapi yang dipegang hanya bagian ujung-ujungnya.
  3. Dikolam dalam : tanpa menggunakan papan latihan, kedua tangan berada pada sikap lurus di atas kepala, dengan kedua ibu jari saling berkaitan. Agar diperhatikan jangan sampai bengkok, hal ini sering berakibat pinggul menjadi turun.
  4. Untuk menhindarkan kemungkianan terjadinya tubuh dengan pinggul turun, sehingga berakibat sikap tubuh mengarah duduk, maka dapat diinstruksikan kepada yang bersanggkutan untuk melilitkan kedua tangan hingga sikap tubuh tertarik lurus.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments