Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 1:23:00 PM

Mengapung Dalam Olahraga Renang

No comments:
Posisi terapung sebenarnya tidak dapat dilakukan dalam satu kaki saj, tetapi banyak posisi yang bisa dilakukan supaya tubuh dapat terapung dipermukaan aiar. Sikap ini pada prinsipnya dapat dilakukan, merupakan perwujudan dari pemindahan pusat titik berat (Center Of Gravity) dan pusat titik apung (Center Of Buoyancy) di saat tubuh terapung. Baik didarat maupun udara, seseorang dapat membalik dan memutar dengan menggunakan pusat titik berat.


Dia air bagaimanapun bagian dada adalah merupakan titik apung. Pusat tititk berat seseorang disaat sikap terlentang secara horizontal denga kedua tangan berada di samping tubuh, ini merupakan pusat dari seluruh titik berat berada di posisi pinggul. Sejak segmen tubuh mempunyai perbedaan berat, maka jarak dari tiap segmen dari pusat titik berat tubuh berperan menentukan secara pasti lokasi atau letak dimana pusat titik berat. Bila mana seseorang pada sikap terlentang secera horizontal, maka titik berat cenderung bergerak diatas setiap segmen tubuh secara individu menraik kearah bawah. Daya apung dari air akan mendorong setiap segmen horizontal, bila titik berat spesifikasi tiap bagian kurang dari 1.0.

Beberapa segmen mungkin lebih terapung dibanding lainnya. seperti tangan, merupakan segmen yang mudah terapung, lain halnya dengan kaki, adalah bagian struktur dari tubuh yang berat dan tidak mudah terapung. Terutama daya apung pada air diarahhkan langsung kepada bagian dada atau disebut dngan pusat titik apung tubuh, udara pada paru-paru digunakan untuk daerah dada. Dengan demikan Struktur tulang otot, umumnya menjadi bagian yang ringan dari tubuh dan akibatnya dada akan cenderung terapung keatas.

Kurangnya gerak apung terjadi hanya karena ketika pusat titik apaung dalam meluruskan langsung diatas pusat titik berat. Dengan seorang rata-rata membentuk pusat adalah saat meluruskan dalam posisi agak parallel keatas permukaan air, bila mana seseorang berusaha untuk mengapung pada sikap horizontal diatas punggung dengan tangan merentangkan sepanjang samping bagian tubuh. Pada posisi ini di air, rata-rata seseorang mempunyai banyak lokasi berat tubuh yaitu pada paha, kaki, kepala, dan bahu.

Kekuatan titik berat tarikan paha (pusat titik berat) dan kaki kearah bawah. Kekuatan apung dari gerakkan air ketika menekan kearah atas, diatas bagian dada (pusat titik apung), ini merupakan lawan kekuatan yang menjadi penyebab tubuh beraksi seperti orang berjalan menjaga keseimbangan tubuh agar tidak terjatuh. Apabila pusat titik berat pada rongga tulang panggul dapat berputar di bawah pusat titik apung pada dada. Dan seorang akan dapat terapung dengan kaki tidak bergerak.

Bagaimanpun seperti kaki tenggelam sepanjang rotasi ataupun putaran dari bagian depan tubuh itu, kearah bawah menambah daya gerak dan ini menambah kecepata dari kaki ditambah beratnya. Sebeb tubuh bisa merendam, sejak kekuatan apung ini tidak cukup mmampu untuk mengatasi kekuatan dari titik berat dan gerakkan kearah bawah dari kaki. Ini cenderung atau gejala untuk kaki dapat menarik seluruh tubuh dibawah air, terutama bagi pemula tidak akan mengajar punggung terapung pada sikap horizontal terapi pada sikap vertikal, dimana kaki akan terpelihara naiknya seseorang pada posisi terapung normal.

Orang yang belajar, bisa di air dengan sikap bahu dalam, bila kepa di baringkan kebelakang, dimana akan mulai mendorong telapak tangan keluar dari bahu, air akan mulai mendorong tubuh. Selain beberapa dorongan, kaki akan naik pada posisi apung normal. Sikap terapung dapat di pelajari salah satunya dari tiga posisi, apakah horozontal, doagonal, atau vertikal. Denagn sikap terapung dan mengurangi gerak pada sikap vertikal atau posisi diagonal dapat banyak mempelajari terapung dengan sikap horizontal dengan mengganti-ganti posisi tangan dan kaki.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments