Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 1:36:00 AM

Mengenal Nomor Lompat dan Unsur Pokoknya

No comments:
Nomor Lompat masih termasuk kedalam cabang olahraga Atletik, dalam nomor lompat terdiri dari : lompat tinggi, lompat jauh, lompat jangkit dan lompat tinggi galah. Dan semua jenis lompat tersebut pada dasarnya memerlukan unsur-unsur yang sama. Unsur-unsut tersebut antara lain :

  1. Daya ledak (explosive power)
    Daya ledak merupakan salah satu dari komponen gerak yang sangat penting untuk melakukan aktivitas yang sangat berat karena dapat menentukan seberapa kuat orang memukul, seberapa jauh seseorang dapat melempar, seberapa cepat seseorang dapat berlari dan lainnya.
  2. Kecepatan (speed)
    Kecepatan merupakan seberapa cepat benda berpindah. Dalam olahraga kecepatan merupakan faktor yang sangat penting dan penentu.
  3. Kekuatan (strenght)
    Kekuatan adalah suatu jenis latihan tubuh yang bertujuan untuk meningkatkan kekuatan fisik. 
  4. Kelincahan (egility)
    Kelincahan merupakan kemampuan untuk mengubah arah secara cepat tanpa menimbulkan gangguan pada keseimbangan.
  5. Koordinasi (koordination)
    Menurut Schmidt(1988:265) dalam Sukadiyanto, koordinasi adalah perpaduan gerak dari dua atau lebih persendian, yang satu sama lainnya saling berkaitan dalam menghasilkan satu keterampilan gerak. Koordinasi merupakan hasil perpaduan kinerja dari kualitas otot, tulang, dan persendian dalam menghasilkan satu gerak yang efektif dan efesien, di mana komponen gerak terdiri dari energi, kontaksi otot, syaraf, tulang dan persendian merupakan koordinasi neuromuskuler.
  6. Kelentukkan (flexibility)
    Kelentukkan adalah kemampuan dari dalam sendi dan otot, kelentukkan ditentukan juga oleh keelastisan otot-otot tendon dalam ligamen.
  7. Keberanian
    keberania tidaklah muncul secara tiba-tiba. Keberanian berkaitan dengan kekuatan mental, moral dan kepercayaan diri untuk menghadapi bahaya atau kesulitan. 
Dengan demikian bagi para atlit atau pelompat yang memiliki unsur-unsur tersebut diatas, apabila dibina dengan baik dapat diharapkan akan mampu mencapai, prestasi yang baik pula. Apalagi kalau kelompok tersebut memiliki tubuh yang tinggi/jangkung, akan memberikan lebih keuntungan dalam mencapai prestasi yang optimal.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments