Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 8:01:00 PM

Pengertian dan Teknik Dasar Neck Klip Pada Senam Lantai

No comments:
Neck Klip adalah salah satu berbagai macam klip (roll klip, head klip, ground klip). Klip adalah bentuk latihan/gerakkan yang pada hakekatnya "melemparkan" dan melantingkan titik berat badan setringgi-tingginya. Sebagaimana diketaahui bahwa titik berat badan berada di pusar.

Melakukan latihan/gerakkan klip, membutuhkan kekuatan otot perut yanga eksplosip (exposive), yang memungkinkan dapat melemparkan kedua kaki sekaligus sehinggha seluruh badan terangkat/terungkit keatas.


Latihan ini dapat dilaksanakan dengan baaik (memperlihatkan sikap badan yang baik) membutuhkan kelemasan sendi pinggul (pangkal paha), punggung, pinggang. Sehingga berat badan membusur.
Lemparan kedua kaki dan tolakkan kedua tangan (pada ground klip), atau tumpuan kepala (pada head klip) dan tumpuan tengkuk (pada neck klip).

Koordinasi yang baik ditambah lancarnya (tidak ada hambatan) gerakkan kaki dan lentingan badan, merupakan kesatuan yang memungkinkan berhasilnya klip dengan tanpa mengeluarkan tenaga yang berlebihan.

Tolakkan kedua tangan, tumpuan kepla atau tengkuk suatu ketika hampir tak diiperlukan, bila gerakkan lemparan kaki mempunyai arah yang baik dan cepat diikuti kemampuan badan untuk membusur.

Dalam hal memberikan bantuan sudah jelas diutamakan pada :
  1. Lemparan kaki
  2. Mengenkat/mendorong titik berat badan keatas.
Memeprmudah anak agar lebih menghayati gerak dan sikap kaki, latihan dilakukan pada landasan (alas) yang lebih tinggi dari tempat mendarat (beberapa matras disusun). Pada latihan/mengajar untuk memahami gerak dan sikap, guru harus senan tiasa siap untuk menolong anak bila ia jatuh kedepan (akibat lemparan kaki yang kuat dan daya lenting badan yang berkelebihan) atau ia jatuh kebelakang (akibat kurang atau sempurna sikap badan).

membantu dapa dilakukan oleh beberapa orang dengan memakai peralatan lain, misalnya tali, tongkat.

Gambar macam-macam melakukan Klip


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments