Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 8:58:00 AM

Prinsip - Prinsip Mengajar Berenang

No comments:
Prinsip - Prinsip Mengajar Berenang

1. Prinsyp Psykologi
Adalah suatu prinsip yang berhubungan dengan faktor-faktor kejiwaan. Didalam faktor kejiwaan tersebut terdapat faktor unsur yang harus ada dan harus bergabung, supaya didalam belajar berenang dapat menguasai dengan baik dan cepat. Unsur-unsur tersebut antara lain :


a. Unsur Kesenangan
Anak akan belajar renang karena ada unsur senang untuk melakukan olahraga renang, mereka akan belajar berenang karena tertarik pada olahraga renang. Tanpa adanya rasa senang terhadap berenang anak tidak akan datang kekolam renang dan karena rasa senang pada berenang anak tidak memperdulikann dinginnya air dan lamanya waktu belajar renang, Oleh sebab itu seorang pengajar atau guru harus mampu untuk menimbulkan rasa senang kepada anak didiknya.

Setelah timbul rasa senang untuk belajar renang, maka gairah untuk belajar berenang diharapkan akan timbul menjadi besar. Ini akan terjadi apabila anak diberi kebebasan untuk bermain-main di air, bekejar-kejaran, menyelam atau berkecimpung diair. Kesenangan harus timbul dala jiwa anak, hal ini akan memberikan kegembiraan yang tak terhingga, kegembiraan ini diperlukan untuk perkembangan jiwa anak terutama anak yang merasa tertekan di rumah maupun di sekolah. Dengan berkejar-kejaran, menyelam berkecimpung didalam air akan melupakan segala tekanan maik dirumah maupun disekolah.

b. Unsur Keberanian
Unsur ini sangat penting untuk dapat belajar berenag secara efektif, terutama bagi anak-anak sekolah. Tanpa modal keberanian, anakk sulit sekali belajar berenang. rasa takut sering terdapat pada anak-anak maupun orang dewasa. Anak atau orang dewasa yang penakut tidak akan berani memasukkan muka kedalam air, tidak akan berani mengapung atau meluncur diatas permukaan air.

Untuk dapat belajar berenang dengan efektif pupuk dan kembangkalah rasa keberanian ini. Rasa takut akan hilang setelah mencoba rasa takut tersebut, ternyata tidak apa-apa, maka rasa takut akan hilang. Setelah hilang rasa takut makan akan timbul keberanian untuk mencobanya. Jangalah menghilangkan rasa takut dengan pakasaan. Biarlah keberanian timbul dari dalam diri mereka baik secara disadari maupun tidak. Menimbulkan keberanian perlu metode yang tepat dan penuh kesabaran

c. Unsur Percaya Diri
Seorang pengajar atau guru harus mempunyai keyakinan bahwa pada hakekatnya setiap anak selalu mempunyai kepercayaan diri sendiri dapat melakukan apa saja yang dapat dilakukan oleh orang lain.Untuk dapat belajar renang kepercayaan pada diri sendiri sangatlah diperlukan. Pertolangan orang lain hanya diperlukan selama orang belum dapat mengapung dan meluncur diatas permukaan air. Sesudah anak dapat meluncur dan mengapung anak harus dapat melakukan sendiri apa yang diperintahkan guru.

Anak harus berkeyakinan bahwa saya dapat melakukan sendiri apa yang harus dilakukan tanpa pertolongan orang lain atau guru. Percaya diri harus ada pada benak masing-masing anak. Tanpa adanya percaya diri belajar berenang akan sulit dan lambat sekali.

d. Unsur keuletan
Belajar berenag tidak semudah seperti apa yang terdapat pada teori. Tidak ada secepat seperti yang dibayangkan. Untuk memasukan muka kedalam air, dapat mengapung dan meluncur diatas permukaann air, kadang-kadang membutuhkan kesabaran, keuletan dan lekas jemu (bosan). Pada pokoknya pelajaran renang dapat dikuasai dengan mudah, prinsip psikologi tersebut diatas harus ditanamkan pada anak dan terus dikembangkan setahap demi setahap.

2. Prinsip Pertumbuhan
Pada anak yang berumur 6-12 tahun, merupakan masa pertumbuhan badan. Untuk merangkan pertumbuhan badan yang baik, dibutuhkan beberapa faktor, yaitu :
  1. Makanan, artinya makanan yang dimakan harus mencukupi untuk kebutuhan sebagai pengganti tenaga yang dipakai dan mencukupi untuk pertumbuhan
  2. Kesempatan bergerak, apakan anak mendapatkan kesempatan bergerak untuk mengembangkan motoriknya.
  3. Pekerjaan, apakah anak sudah mendapatkan pekerjaan yang berat, sehingga menunjang perkembangan anak.
Bila kita lihat keadaan waktu sekolah anak akan duduk terus menerus mengikuti pelajaran. Keadaan semacam ini akan menghambat pertumbuhan anak. Berenang adalah salah satu cara untuk menghilangkan atau mengurangi gangguan-gangguan yang diperoleh sebagai akibat duduk yang terlalu lamadidalam kelas. Disamping itu, rangsangan dingin yang diperoleh dari air, mempunyai pengaruh yang baik bagi tubuh kita dan menyebabkan perasaan segar pula.

3. Prinsip Praktis
Berenang dapat dilakukan oleh siapa saja, tidak mengenal perbedaan jenis kelamin, perbedaan umur, laki-laki maupun perempuan, tua muda, semua bisa melakukannya. Dan berenang ekonomis, kerena dengan uang yang sangat sedikit saja orang dapat masuk kolam renang dan berenag sepuas-puasnya. Praktis dapat dilakukan kapan saja, tidak mengenal waktu, dapat dilakuakn pada siang hari maupun sore hari. Selain itu dapat juga dilakuakn oerorangan.


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments