Posted by Aak
Aak-share.com Updated at: 9:19:00 PM

Sejarah Renang - Awal Mulanya Olahraga Renang

No comments:
Renang dikenal sejak zaman pra-sejarah. Renang telah dilakukan sejenak adanya manusia, untuk usaha memenuhi kebutuhan hidup maupun mempertahankan hidup manusia. Pada zaman dahulu, orang masuk kedalam air dengan tujuan untuk menghindari kebakaran hutan, melarikan diri dari musuh, mencari makan, atau menyejukkan badan dari sengaja matahari. Pada masa itu renang dilakukan sebagai cara untuk membela diri dalam menghadapi tantangan.

ATHENS 1896:Perlombaan renang bodysuits, untuk kesederhanaan@imagemotherboard.vice.com

Renang pada mulanya meniru gerakkan anjing untuk menyeberangi sungai. Dari gambar-gambar yang berasal dari zaman batu diketahui adanya goa-goa bagi para perenang didekat Wadisora sebelah barat daya Mesir. Di Jepang renang adalah kemampuan yang dimiliki oleh para samurai. Ejarah mencatat, perlombaan renag pertama diselenggarakan oleh kaisar Sungui pada 36 SM. Perlombaan renang yang yang memperebutkan gelar juara telah di mulai di eropa sekitar tahun 1800 dan sebagian menggunakan gaya dada.

Renang gaya bebas diperkenalkan oleh Athur Tudgen. Gaya ini kemudian mulai dikombinasikan dengan gerakkan yang menendang oleh Richard Cavill pada tahun 1802. Di abad pertengahan renang termasuk kedalam kemahiran yang harus dikuasai/dimiliki oleh para kesatria termasuk berenang dengan membawa senjata.

Gambar Olahraga Renang yang berasal dari zaman batu

Olahraga ini dimulai sejak abad 19 di London. Sekitar tahun 1937, hanya tercapai 6 kelompok renang di kota itu. Popularitas renang tersus membaik dan pada tahun 1869 beberapa asosiasi mulai muncul. Olahraga renang pertama kali diperlombakan dalam olympiade modern 1896 di Athena Yunani. Pada olympiade ini hanya empat nomor yang di perlombakan dari rencana enam nomor. Empat nomor yang diperlombakan tersebut adalh 100 m, 500 m, 1200 m, dan nomor bebas, ditambah dengan 100 m bagi para pelaut.

Olympiade kedua diselenggarakan di Paris Prancis pada tahun 1900 dan dan memperlombakan nomor 200 m, 1000 m, 4000 m dan nomor bebas, 200 m gaya dada dan beregu. FINA (Federation Internationale de nation Amateur) berdiri pada tahun 1908, di saat dilangsungkannya olympiade di London. Semua menetapkan gaya kupu-kyupu adalah variasi gaya dada, gaya ini baru terpisah di tahun 1952. Wanita baru diperkenalkan ikut lomba renang pada olympiase 1912 di Stockholm, Belanda. Itupun baru nomor bebas.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments